Mengatasi hp xiaomi tidak mau nyala

Bagaimana cara mengatasi hp xiaomi tidak mau nyala?

Tidak dipungkiri lagi bagi pengguna hp android tentu akan mengalami kepanikan ketika problem hp xiaomi tiba tiba mati total terjadi pada diri mereka. Hp android yang mendadak mati total tidak mau hidup ini bahwasanya tidak hanya terjadi pada ponsel xiaomi saja namun sanggup juga terjadi pada semua tipe smartphone android lainnya.


Penyebab HP Xiaomi Mati Total

Untuk lebih jelas terjadinya hp xiaomi yang mati total ini kemungkinan banyak hal, bisa jadi karena hp habis terjatuh, terendam dan kena air dan banyak hal karena kesalahan user. Umur HP juga dapat mempengaruhi kinerja HP itu sendiri. Itu menyebabkan pada saat kita bermain games atau menonton video online di youtube dll, hp menjadi panas dan akan tiba-tiba mati sendiri, restart sendiri bahkan tidak jarang reset sendiri.


Masih ada harapan jika ponsel xiaomi teman teman masih nyala lampu LED-nya, biasa-nya ini disebabkan hanya terkena bootloop yang bisa anda sembuhkan atau perbaiki dengan cara flash ulang hp xiaomi atau melakukan flashing pada ponsel teman teman. Tapi jika sudah parah, hp xiaomi mati total tidak bisa di cas atau pas waktu di cas hanya kedap kedip saja. Maka dari itu, lakukan cara dibawah ini sebelum teman teman membawa-nya ke tukang servis karena akan memakan biaya yang lumayan jika ponsel anda cukup parah kondisi-nya.


Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total

Disini akan saya simpulkan dan dibagi menjadi 2 cara, yaitu hp xiaomi yang mati total tidak bisa di charge dan hp xiaomi yang mati total masih bisa di charge. Berbeda dari cara perbaikan-nya, Langsung saja Langkah langkahnya sebagai berikut :

  • HP Xiaomi Mati Total Masih bisa di Charge
  • Jika ponsel xiaomi teman teman yang mati total masih bisa di cas dan lampu led nya masih nyala atau kedap kedip, maka masih bisa diselamatkan dengan cara berikut ini.

    Lepaskan Baterai

    Cara pertama yang harus anda lakukan ialah melakukan pelepasan baterai hp xiaomi teman teman . Jika memang kondisi ponsel masih baik-baik saja, cara ini masih bisa dilakukan karena pada dasar-nya mungkin baterai ponsel sedang kehabisan daya maka dari itu terjadi mati total.

    Teman teman bisa mencoba melepaskan baterai lalu memasang-nya kembali. Setelah itu cek dengan menekan tombol power selama 5 – 10 detik apakah ada reaksi dari ponsel tersebut. Jika memang baterai habis, lakukan pengecasan baterai.

    Isi Daya Baterai Ponsel
    Biasa-nya kondisi baterai habis daya bisa menyebabkan hp mati total, karena jika baterai sudah tidak ada daya ponsel juga tidak akan bisa menyala. Saran disini adalah lakukan pengecasan baterai selama kurang lebih 2-3 jam tergantung kecepatan ponsel dalam melakukan cas dan tergantung kondisi charger-nya juga.
    Jika sudah penuh, maka nyalakan ponsel tersebut dengan menekan tombol power selama 5 – 10 detik. Biasanya jika baterai ponsel terkuras sampai habis, maka pada saat proses booting akan memakan waktu yang cukup lama. Tetapi tenang, ponsel dipastikan akan kembali menyala.
    Jika masih belum bisa menyala, lakukan cara selanjut-nya.

    Lakukan Reset Ponsel

    Kalau lampu indikator atau led di ponsel pada saat teman teman melakukan charging masih menyala, Biasa-nya ini terjadi akibat setelah update sistem operasi ataupun panas yang berlebih pada ponsel. Nah, tapi pada saat menghidupkan hp xiaomi hanya muncul logo saja (Tidak bisa masuk kedalam menu) itu berarti ponsel xiaomi anda gagal booting atau ada yang error pada sistem operasi-nya.
    Untuk mengatasi hp xiaomi stuck di logo, anda bisa mencoba cara dibawah ini. Tapi sebelum-nya pastikan ponsel dalam keadaan baterai yang sudah penuh.
    • Lepaskan semua komponen seperti SD Card, Kartu SIM dan Baterai.
    • Jika sudah, diamkan selama 10 – 20 menit.
    • Pasang kembali Komponen diatas.
    • Nyalakan kembali ponsel teman teman.

    Jika ponsel sudah menyala, itu berarti cara-nya berhasil. Tapi jika belum menyala, maka teman teman harus melakukan reset ponsel dengan cara masuk ke recovery mode. 
    Berikut cara-nya:
    • Pertama, tekan tombol Power + Volume atas / Volume Bawah.
    • Jika sudah, akan masuk kedalam mode recovery.
    • Pilih Wipe data dan pilih Wipe All Data
    • Setelah itu Confirm. dan tunggu sampai proses mereset ponsel selesai.
    Perlu diingat: Mereset ponsel disini akan menghilangkan atau menghapus semua data yang ada di ponsel anda, maka dari itu ini bisa dianggap cara yang merugikan karena semua data akan hilang.

    HP Xiaomi Mati Total Tidak Bisa di Charge

    Jika ponsel xiaomi anda mati total dan tidak bisa di charge / cas, maka sebaik-nya teman teman lakukan cara berikut ini.

    Cek Terminal Listrik / Stop Kontak

    Cara pertama yang perlu dilakukan jika ponsel xiaomi anda tidak bisa di cas adalah mengecek apakah ada yang rusak dari stop kontak-nya. Karena jika stop kontak nya rusak, maka listrik pun tidak akan bisa mengaliri charger dan tidak akan bisa melakukan cas pada ponsel. Solusi-nya adalah mencari stop kontak lain dan Pastikan stop kontak tersebut dalam kondisi listrik yang stabil, karena jika tidak akan cepat merusak kondisi ponsel teman teman meskipun baru.
    Kemungkinan lain-nya yang terjadi adalah akibat charger ponsel yang tidak berfungsi. Pada saat teman teman melakukan charging selama berjam-jam dan hasil-nya tetap 0%, maka sangat disarankan mengganti charger atau casan tersebut jika sudah rusak.

    Cek charger
    apakah ada yang salah mungkin karena kuningan charger yang bengkok atau patah, mungkin port usb bermasalah atau hal lain-nya.

    Mengganti Baterai Ponsel
    jika ponsel atau hp xiaomi mati total tidak bisa di charge kemungkinan besar adalah baterai ponsel anda rusak. Penyebab ponsel yang rusak bisa karena banyak hal misalnya dimainkan berlebihan, baterai melembung dan hal lain-nya.
    Jika batre xiaomi teman teman adalah baterai tanam, teman teman bisa membelinya di konter atau online shop sesuai dengan jenis merk xiaomi teman teman. Dan untuk pemasangan-nya teman teman bisa melihat tutorial-nya di postingan saya yang lainnya.

    HP Xiaomi Mati Total Kena Air
    Jika terjadinya mati total dikarenakan tercebur atau terendam didalam air, maka teman teman harus langsung mematikan ponsel teman teman dan melepas baterainya

    Demikian postingan saya kali ini mudah mudahan dapat bermanfaat.
    sekian.
    Postingan terbaru
      Previous Post
      Next Post

      0 komentar:

      >