Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Bootloop

Sebelum ke Tukang Servis, Coba Dulu Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Bootloop Berikut Ini!

Mengatasi HP Xiaomi yang Bootloop

Bootloop merupakan sebuah kondisi di mana perangkat smartphone Android tidak mau menyala. Dalam kondisi ini, perangkat biasanya hanya booting sampai logo dan setelah itu kembali memuat ulang dari awal.

Permasalahan ini pada umumnya diakibatkan oleh kesalahan pengguna sendiri seperti salah atau gagal memasang ROM khusus, salah menghapus data di dalam sistem, salah mengatur hak izin akses dan lain sebagainya.

Seperti halnya pada perangkat lain, langkah pertama yang bisa kita tempuh untuk mengatasi permasalahan bootloop di perangkat Xiaomi seperti ini adalah dengan mengatur ulang perangkat ke Setelan pabrik (factory reset).

Caranya,
  1. Matikan (turn off) device Xiaomi anda.
  2. Masuk ke MI Recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up + Power secara bersamaan hingga menu recovery muncul dilayar.
  3. Dalam modus recovery, pilih bahasa English
  4. Dalam mode recovery, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi (naik turun), dan gunakan tombol Power untuk memilih menu yang diinginkan.
  5. Pilih Wipe & Reset.
    • Wipe Cache: Menghapus file cache di sistem device Xiaomi.
    • Wipe User Data: Menghapus data pengguna.
    • Wipe all Data: Menghapus semua data pengguna dan data aplikasi (Factory Reset).
Penting: Pilih satu persatu perintah diatas (jangan sekaligus). Setiap satu proses perintah selesai dilakukan, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu, setelah itu pilih Reboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan device secara normal. Lihat hasilnya, jika gagal baru lakukan perintah lainnya!.

Jika cara ini tidak bisa mengatasi masalah bootloop di perangkat Xiaomi, kemungkinan saja kita bisa lakukan adalah:

Langkah kedua yang bisa kita tempuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing ulang perangkat dengan ROM yang sesuai tipe hp yang kita miliki. Perlu kita ingat, kita harus menggunakan ROM yang sesuai karena jika tidak resikonya bisa besar jika sampai salah.

Untuk detail dari langkah-langkah melakukan flashing ulang, kita bisa mencarinya di postingan lainnya dari blog ini atau kita bisa mencarinya di Google sesuai dengan perangkat yang kita miliki atau jika tidak mau repot kita bisa tukang servis hp terdekat dari tempat tinggal kita supaya lebih aman. Dengan membawanya ke tempat servishp untuk mengecek penyebab permasalahan tersebut sekaligus memperbaikinya.

Demikian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Donasi Gratis ke-blog ini, klik disini untuk melihat caranya)
Previous Post
Next Post

0 komentar:

asa