6 Penyebab HP Cepat Panas

6 Penyebab HP Cepat Panas, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Keberadaan ponsel saat ini seperti sebuah hal yang wajib. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, ponsel dapat menjadi partner manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Bentuknya yang simpel dengan beragam fungsi menjadikannya gadget ini paling banyak dicari.

Namun, secanggih apapun teknologi, pasti ada batasnya. Begitu juga dengan ponsel. Meskipun menjadi benda yang praktis, ponsel akan menjadi panas jika digunakan terus menerus. Jika sudah begini, tak jarang kinerja ponsel pun juga semakin melambat.

Penyebab hp cepat panas bisa bermacam-macam. Penggunaan yang berlebihan, baterai, atau kondisi software pada ponsel menjadi penyebab paling umum.

Sebagai pengguna, kita seharunya bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan juga bijak. Jangan terlalu memaksakan penggunaan hp, karena hal tersebut justru dapat berdampak buruk bagi gadget kita.

Berikut ini, beberapa penyebab hp cepat panas yang wajib diketahui setiap pengguna ponsel.

1. Bermain Game untuk Waktu yang Lama
Penyebab hp cepat panas yang pertama adalah penggunaan hp untuk bermain game dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini tampaknya sering dilakukan oleh pengguna ponsel, mengingat akhir-akhir ini ada beberapa game sedang naik daun.

Meskipun menjadi hiburan dan pengusir rasa bosan, tidak seharusnya game tersebut menyala selama berjam-jam. Aplikasi game memiliki intensitas tinggi dan inti pemrosesan pusat pada ponsel kita, selain unit pemrosesan grafis, dapat membuat ponsel menjadi cepat panas.

2. Konten Streaming
Penyebab hp cepat panas yang kedua adalah penggunaan hp untuk menonton konten streaming. Mungkin kita jarang atau bahkan tidak bermain game di gadget kita. Tapi jika kita menonton YouTube atau aplikasi yang serupa selama berjam-jam, tentu tidak ada bedanya.

Konten streaming yang kita tonton di YouTube akan membuat ponsel kita harus memuat data video dan menjaga tampilan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama. Dan upaya dari hp ini dapat membuatnya menjadi cepat panas.

3. Pengaturan yang Tidak Optimal
Penyebab hp cepat panas yang ketiga adalah setelan pada ponsel kita. Setelan ponsel juga mempengaruhi jumlah energi yang digunakan. Tingkat kecerahan layar atau penggunaan wallpaper animasi dapat mempengaruhi daya baterai hp.

Cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar pada hp kita. Atur lagi pengaturan ponsel kita untuk meringankan beban pada CPU ponsel.

4. Faktor Lingkungan
Penyebab hp cepat panas yang keempat adalah karena faktor lingkungan. Paparan sinar matahari menjadi penyebab paling umum kenapa hp menjadi panas akibat faktor lingkungan.

Selain itu kebiasaan meletakkan hp di dalam mobil pada hari yang terik juga dapat membuat hp menjadi panas. Mulai sekarang, perhatikan di mana letak ponsel kita. Jangan sampai ponsel kita kepanasan karena kecerobohan.

5. Aplikasi yang Butuh Pembaruan
Penyebab hp cepat panas yang kelima yaitu karena aplikasi yang tidak diperbarui. Mungkin kita pernah mengalami bug pada salah satu aplikasi di ponsel kita.

Selain menjengkelkan, kondisi ini juga dapat membuat hp menjadi panas. Bug atau masalah pada aplikasi dapat membuat ponsel menjadi panas karena terlalu banyak menggunakan prosesor

Itulah kenapa pembaruan pada aplikasi sangat penting untuk memperbaiki bug. Pembaruan aplikasi juga akan membuat kinerja ponsel lebih baik.

6. Pembaruan Software
Penyebab hp cepat panas yang terakhir yaitu karena software yang belum diperbarui. Selain aplikasi, software hp juga membutuhkan pembaruan.

Ponsel bisa terlalu panas selama atau tepat setelah pembaruan. Ini bisa terjadi karena terdapat bug di OS yang perlu diperbaiki melalui pembaruan, yang mungkin memerlukan peningkatan daya pada saat itu.

CARA MEREDAKAN PONSEL YANG PANAS
  • Hindari Cahaya Matahari
  • Dilansir dari asurion.com, cara termudah untuk mencegah panas pada hp adalah dengan menjauhkan hp kita dari sinar matahari. Ponsel kita akan menangkap cahaya dan panas dari matahari kemudian menahannya. Semakin lama berada di bawah sinar matahari, maka ponsel bisa cepat panas.

  • Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan
  • Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel kita bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas. Dengan mematikan aplikasi ini, kita tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

  • Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
  • Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponsel kita.

  • Lepaskan Casing HP
  • Jika ponsel kita terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing hp akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponsel kita dapat mereda lebih cepat.

    Cara Mencegah Ponsel Menjadi Panas
    • Selalu perbarui aplikasi dan software
    • Pisahkan ponsel dari gadget lainnya.
    • Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.
    • Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba.
    Demikian postingan kali ini semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua.
    Postingan terbaru
      Previous Post
      Next Post

      0 komentar:

      >