Cara Membersihkan Cache di Ponsel Android

Cara Membersihkan Cache di Ponsel Android agar Tidak Lemot

Membersihkan Cache di Ponsel
Apakah Anda merasa ponsel Android mulai lelet saat dioperasikan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel Android lambat bekerja. Salah satunya bisa jadi karena kapasitas memori sistem yang sudah penuh.

Semakin lama, ponsel akan dijejali berbagai macam file dan aplikasi. Namun, menghapus beberapa file atau aplikasi agar ruang memori agak lega cukup memakan waktu. Belum lagi memilah mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melegakan memori sistem, yakni menghapus data cache.

Apa itu data cache?
Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Dengan menyimpannya sementara, sistem tidak harus mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Sehingga bisa lebih cepat membuka situs yang diinginkan dan tidak mengonsumsi banyak kuota data. Baca juga: Main Game Online Sering Lemot? Mungkin Ini Sebabnya…

Menghapus data cache tidak akan menghapus data aplikasi seperti data log in, game yang tersimpan, dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah menghapus data cache:
1. Buka pengaturan
2. Device Care
3. Storage
4. Advance
5. Other Apps
6. Pilih aplikasi yang sering digunakan satu per satu
7. Setelah aplikasi dibuka, pilih opsi "clear cache" yang ada di kanan bawah.

Perlu diingat, karena antarmuka setiap merek ponsel Android berbeda, kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda. Namun langkah dasarnya sama.

Dalam menulis artikel ini, KompasTekno menggunakan Galaxy Note 9 yang menjalankan sistem operasi Android 10 dan One UI 2.1.

Untuk ponsel model lain, pengguna juga bisa langsung mencari opsi "storage" setelah membukan menu pengaturan. Kemudian lanjutkan langkah ke-4 hingga akhir seperti di atas. Selamat mencoba!
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >