Menjaga perangkat & aplikasi tetap berfungsi dengan Layanan Google Play
Hapus Data Google Play Service Xiaomi |
---|
Layanan Google Play terus mengupdate aplikasi Anda sehingga dapat berfungsi dengan lancar di perangkat Android.
Apa itu Layanan Google Play?
Layanan Google Play menghubungkan aplikasi dengan layanan Google lainnya, seperti Login dengan Google dan Google Maps. Layanan Google Play tidak sama dengan aplikasi Google Play Store, dan disertakan dengan Android.
Layanan Google Play tidak membuat baterai Anda lebih cepat habis atau menggunakan terlalu banyak paket kuota Anda. Anda tidak dapat memaksa berhenti atau meng-uninstal layanan Google Play.
Memperbaiki masalah dengan Layanan Google Play
- Langkah 1: Pastikan Layanan Google Play terbaru
- Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan Setelan.
- Ketuk Aplikasi & notifikasi lalu Lihat semua aplikasi.
- Scroll ke bawah dan ketuk Layanan Google Play.
- Scroll ke bawah dan ketuk Detail Aplikasi.
- Tap Update atau Instal. Jika Anda tidak melihat opsi ini, ikuti langkah di Langkah 2 dan Langkah 3.
Langkah 2: Hapus cache & data dari Layanan Google Play
Penting: Jika Anda menghapus data atau penyimpanan Layanan Google Play, beberapa informasi yang disimpan ke perangkat dapat terhapus, termasuk kartu transportasi umum, kartu vaksinasi COVID-19, dan kartu pembayaran virtual yang disimpan ke Google Pay.
- Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan Setelan.
- Ketuk Aplikasi lalu Lihat semua aplikasi.
- Scroll ke bawah ke "Layanan Google Play".
- Ketuk Layanan Google Play.
- Ketuk Penyimpanan lalu Hapus Cache.
- Ketuk Kelola Ruang lalu Hapus semua Data.
Langkah 3: Hapus cache & data Play Store
Tindakan ini akan me-refresh aplikasi dan dapat membantu menyelesaikan masalah.
- Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan Setelan.
- Ketuk Aplikasi & notifikasi lalu Lihat semua aplikasi.
- Scroll ke bawah, lalu ketuk Google Play.
- Ketuk Penyimpanan lalu Hapus Cache.
- Ketuk Hapus data.
- Buka kembali Play Store dan coba download lagi.
Jika langkah tersebut tidak berhasil, lihat langkah pemecahan masalah lainnya. (sumber)
Memperbaiki masalah saat mendownload aplikasi dari Play Store
Coba langkah-langkah di bawah jika:
- Proses download serta update aplikasi macet dan tidak selesai.
- Anda tidak dapat mendownload atau menginstal aplikasi atau game dari Google Play Store.
- Anda tidak dapat mendownload musik, film, Acara TV, atau konten lainnya dari Google Play.
Jika Anda tidak dapat membuka aplikasi Play Store sama sekali, ikuti langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah saat Anda tidak dapat membuka aplikasi Play Store di ponsel.
Langkah-langkah pemecahan masalah dasar
Pastikan Anda memiliki koneksi data seluler atau Wi-Fi yang kuat
- Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat.
- Sebaiknya Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.
- Jika tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan Anda memiliki koneksi data seluler yang kuat.
Setelah Anda memeriksa koneksi internet, coba download lagi. Untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut terkait masalah koneksi, buka Memperbaiki masalah koneksi internet di perangkat Android.
Periksa ruang penyimpanan
- Jika ruang penyimpanan aplikasi Anda hampir habis, aplikasi akan berhenti didownload dan diinstal.
- Ruang penyimpanan perangkat mungkin hampir habis jika:
- Anda mendapatkan notifikasi tentang ruang penyimpanan.
- Ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda kurang dari 1 GB.
- Untuk mendapatkan bantuan terkait ruang penyimpanan di Android, buka Mengosongkan ruang penyimpanan.
Periksa update sistem Android
- Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Setelan.
- Ketuk Sistem kemudian Lanjutan kemudian Update sistem.
- Status update Anda akan muncul.
- Ikuti petunjuk di layar untuk mendownload atau menginstal update.
Tips: Jika perangkat Anda menjalankan Android versi 2.2 atau yang lebih lama, Google Play mungkin tidak berfungsi dengan semestinya. Hubungi produsen perangkat untuk mendapatkan bantuan.
Memecahkan masalah pada satu aplikasi
Coba langkah-langkah ini jika Anda mengalami masalah saat mencoba mendownload aplikasi tertentu.
Memeriksa apakah aplikasi tersedia untuk perangkat Anda
- Buka aplikasi Google Play Store Google Play.
- Cari dan ketuk aplikasi yang ingin didownload.
- Pada halaman aplikasi, ada tulisan apakah aplikasi tersedia untuk perangkat Anda atau tidak.
- Jika tidak tersedia, Anda tidak dapat mendownloadnya.
Meng-uninstal & menginstal ulang aplikasi
- Buka aplikasi Google Play Store Google Play.
- Di kanan atas, ketuk ikon Profil.
- Ketuk Kelola aplikasi & perangkat kemudian Kelola.
- Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda hapus kemudian Uninstal.
- Untuk menginstal ulang, ketuk Instal atau Aktifkan.
Jika Anda masih tidak dapat mendownload aplikasi, coba langkah-langkah pemecahan masalah di bawah.
Langkah pemecahan masalah lainnya
Jika Anda sudah mencoba semua langkah di atas tetapi masih tidak dapat mendownload aplikasi, coba langkah-langkah di bawah. Setelah melakukan setiap langkah, coba download sebuah aplikasi lagi untuk memeriksa apakah masalahnya sudah teratasi.
Tutup & buka kembali Play Store
- Di perangkat Android Anda, geser dari bawah ke atas, tahan, lalu lepaskan.
- Untuk menutup aplikasi Play Store, geser ke atas.
- Buka kembali Play Store.
Uninstal & instal ulang update Play Store
- Pastikan Anda terhubung ke Wi-Fi yang kuat.
- Temukan aplikasi Play Store di layar utama atau aplikasi perangkat Anda.
- Sentuh lama aplikasi Play Store.
- Ketuk Info aplikasi Informasi.
- Di bagian atas, ketuk Lainnya Lainnya kemudian Uninstal update.
- Jika Anda diminta untuk mereset aplikasi Play Store ke versi pabrik, ketuk Oke.
Mulai ulang perangkat
- Tekan dan tahan tombol Daya.
- Ketuk Matikan daya atau Mulai ulang.
- Jika perlu, tekan dan tahan tombol Daya hingga perangkat menyala kembali.
Hapus cache & data dari Layanan Google Play
- Buka aplikasi Setelan di perangkat.
- Ketuk Aplikasi & notifikasi kemudian Info aplikasi atau Lihat semua aplikasi.
- Ketuk Layanan Google Play.
- Ketuk Penyimpanan kemudian Hapus cache.
- Ketuk Kosongkan penyimpanan kemudian Hapus semua data kemudian Oke.
Menghapus & menambahkan kembali Akun Google Anda
Saat menghapus akun, beberapa informasi akan dihapus dari perangkat Anda. Pastikan Anda mencadangkan informasi penting apa pun sebelum menyelesaikan langkah ini.
Menghapus cache & data Play Store
- Buka aplikasi Setelan di perangkat.
- Ketuk Aplikasi & notifikasi kemudian Info aplikasi atau Lihat semua aplikasi.
- Ketuk Google Play Store.
- Ketuk Penyimpanan kemudian Hapus Cache.
- Ketuk Kosongkan penyimpanan kemudian Hapus semua data kemudian Oke.
Hapus cache & data dari Pengelola Download
- Buka aplikasi Setelan di perangkat.
- Ketuk Aplikasi & notifikasi kemudian Info aplikasi atau Lihat semua aplikasi.
- Ketuk Pengelola Download.
- Ketuk Penyimpanan kemudian Hapus cache.
- Ketuk Kosongkan penyimpanan kemudian Hapus semua data kemudian Oke.
(sumber)
0 komentar: