Mengatasi HP Matot Tidak Bisa Dicas

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas dan Penyebabnya

Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas
Memiliki ponsel tentunya tak lepas dari timbulnya masalah, walau tipe ponsel yang paling baru atau canggih sekalipun. Salah satu masalah yang paling ditakutkan oleh para pengguna ponsel Android maupun iPhone adalah mati total atau matot. Masalah ini merupakan kerusakan yang cukup parah dan kemungkinan besar mengharuskan penggunanya untuk mengganti ponsel karena tidak bisa digunakan sama sekali. Kalau ini terjadi pada kita, jangan panik. Sebelum terburu-buru menghabiskan biaya banyak untuk servis atau membeli HP baru, ada cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang mudah. Berikut berbagai penjelasan mulai dari penyebab hingga cara untuk mengatasi masalah tersebut secara lengkap.

Penyebab HP Mati Total

Sebelum kita membahas cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas, terlebih dahulu kita kenali apa saja penyebabnya. Ada dua penyebab HP bisa mati total, yakni kerusakan komponen seperti overheat, usia, atau kerusakan fisik, dan kerusakan sistem seperti adanya virus, salah install aplikasi, atau salah perbaikan. Nah, kenapa HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan lagi?

Beda penyebab sudah tentu cara untuk memperbaikinya juga berbeda. Mati total atau istilahnya bricked juga memiliki dua tipe, yaitu soft brick di mana perangkat menunjukkan tanda-tanda kehidupan namun tampak mati dan hard brick di mana HP mati total dan tidak menunjukkan tanda bisa dinyalakan. Baik hard brick maupun soft brick bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini.


1. Umur HP Sudah Tua
Layaknya manusia, ponsel juga memiliki usia. Sebab komponen di dalam ponsel memiliki ketahanan yang terbatas, sehingga tidak selamanya mampu bekerja dengan baik. Penggunaan ponsel dalam jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan pada komponen di dalamnya. Biasanya, kondisi mati total ini terjadi pada ponsel yang sudah lama digunakan.

2. Memforsir HP sehingga Overheat
Ponsel bisa mengalami overheat atau berada dalam suhu yang tinggi, biasanya ditandai dengan bodi ponsel yang menjadi panas saat digunakan. Overheat yang dibiarkan bisa menyebabkan panas yang merusak komponen di dalamnya dan berisiko menyebabkan masalah yang lebih fatal, salah satunya mati total. Kondisi overheat umumnya terjadi pada penggunaan aplikasi yang berat, contohnya adalah game online.

3. Ada Bug Sistem
Bug atau kesalahan pada sistem bisa mengganggu performa ponsel, umumnya terjadi karena kita tidak rajin memperbarui sistem atau melakukan update secara berkala. Update yang disediakan oleh pihak pengembang berfungsi untuk menambah fitur dan mengatasi sejumlah masalah, contohnya bug tersebut. Bug sistem bisa menyebabkan ponsel tidak bisa menyala dan hanya merespon getarnya saja, atau kondisi yang disebut dengan soft brick.


4. Baterai HP Habis
Seringkali pengguna ponsel terlalu berlebihan saat menggunakan tanpa mempedulikan daya baterai yang tersisa, bahkan kerap digunakan hingga baterai kosong dan ponsel mati dengan sendirinya. Padahal, hampir semua ponsel memiliki peringatan saat daya baterai melemah dan harus segera diisi daya. Kondisi ini sebetulnya sangat berbahaya jika diabaikan karena untuk bisa melakukan pengisian daya secara optimal, ponsel setidaknya memiliki arus minimal 300 mkv dan tegangan sebesar 3,4 hingga 4 V. Jika dibiarkan dan terus digunakan sampai kosong, kondisi ini akan menyulitkan pengisian daya dan bisa memicu terjadinya mati total.

5. Baterai HP Sudah Rusak
Baterai HP bisa rusak karena penggunaan yang tidak baik, contohnya adalah seperti tetap digunakan sambil di-charge atau tidak mengisi daya sampai penuh. Kesehatan baterai akan terus menurun dan akhirnya menjadi rusak dalam jangka panjang. Baterai yang rusak bisa menyebabkan HP tidak bisa menyala dan juga tidak bisa dicas, biasanya ditandai dengan bagian tempat baterai yang melembung.

6. IC Power HP Rusak
IC Power merupakan komponen pada gadget yang memiliki fungsi menghantarkan daya dari baterai ke beberapa komponen di dalam ponsel. Oleh karena itu, jika komponen ini rusak, ponsel tentunya tidak akan merespon. Salah satunya adalah tidak merespon saat HP hendak dinyalakan, alias jadi mati total.

7. Konektor Baterai Rusak
Kalau baterai ponsel kita tidak bermasalah, tapi tetap tidak bisa dinyalakan dan dicas berarti ada masalah di bagian konektor baterai. Seperti misalnya karat atau terlalu kotor, yang menyulitkan baterai terhubung ke bagian hardware perangkat sehingga tidak memiliki daya untuk menyala dan mati total.

8. Menggunakan Charger yang Salah
Penggunaan charger atau pengisi daya barang elektronik yang tidak orisinil atau tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel bisa menyebabkan mati total. Sebab, beberapa charger memiliki klasifikasi sendiri yang bisa disesuaikan dengan ponsel. Tidak semua charger walaupun dari merek yang sama cocok digunakan untuk semua ponsel.

9. Terjatuh atau Terkena Air
HP mati total juga bisa disebabkan oleh korslet yang terjadi akibat kena air atau terjatuh. Korsleting akan merusak komponen di dalam ponsel dan merusak performa ponsel.

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Cara untuk menghidupkan HP yang mati total ada beragam. Cara mengatasi HP Samsung maupun ASUS yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas ini juga bisa untuk ponsel Xiaomi dan iPhone, sekalipun kita tidak langsung datang ke tempat servis. Sebab, tidak semuanya disebabkan oleh masalah komponen, bisa jadi berasal dari masalah sistem. kita bisa mencoba beberapa cara mengatasi sendiri dengan mudah dan minim risiko, namun terlebih dahulu tetap kenali apa penyebabnya.

1. Coba Isi Daya Baterai
Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang pertama bisa kita lakukan adalah mencoba mengisi daya baterai. Apabila saat diisi daya ponsel merespon, bisa jadi penyebabnya adalah baterai ponsel yang habis. Kondisi tersebut tidak disebabkan oleh kerusakan baik sistem maupun komponen. Tentunya, ponsel yang habis daya juga tidak akan merespon bila kita coba nyalakan melalui tombol power berkali-kali. Tapi jika saat diisi daya ponsel langsung mengalami panas tinggi atau overheat, langsung cabut segera dan jangan dilanjutkan mengisi daya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Gunakan Charger Desktop Sebagai Alternatif
Kita juga bisa mencoba mengisi daya dengan menggunakan alternatif charger desktop atau charger yang didesain khusus untuk bisa mengisi daya baterai di luar casing HP. Charger ini hanya diperuntukkan bagi ponsel lawas yang baterainya bisa dilepas. Oleh karena itu, cara ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi HP mati total dan tidak bisa dicas pada ponsel yang menggunakan baterai tanam. Lepaskan baterai dari bodi HP lalu pasangkan di charger desktop dan tunggu hingga penuh. Setelah itu baru pasangkan kembali ke ponsel kita dan coba nyalakan.


3. Tes Kondisi HP Menggunakan Baterai Lain
Apabila penyebab HP mati total diakibatkan oleh kerusakan baterai, maka masalah utamanya adalah tegangan pada baterai yang sudah terlalu rendah. Jika baterai ponselmu bisa dilepas, cobalah menggantinya dengan baterai yang baru dan pastikan baterai tersebut dalam kondisi baik. Atau jika kita hanya ingin sekedar memastikan kondisinya, kita bisa mencoba menggunakan baterai HP lain yang kompatibel.

Jika HP kita tidak bisa di-charge dalam keadaan mati total dan menggunakan baterai tanam, kita bisa mencoba mengganti dengan charger lain. Namun pastikan charger tersebut dapat berfungsi.

4. Wiping Data, Cache, dan Recovery
Cara selanjutnya adalah dengan menghapus cache dan data yang menumpuk di ponsel yang bisa menyebabkan mati total. Dalam kondisi mati total, cara ini bisa dilakukan melalui recovery mode. Recovery mode merupakan fitur pada ponsel Android yang memungkinkan pengguna memakai ponsel untuk masuk ke menu Android, salah satunya menghapus data dan cache. kita bisa mengakses recovery mode dengan langkah berikut:

  • Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. (Perlu diketahui bahwa kombinasi tombol ini berbeda-beda di setiap merek ponsel, untuk kombinasi ini adalah yang paling sering digunakan)
  • Setelah itu ponsel akan bergetar dan masuk ke Recovery Mode
  • Pilih menu Wipe
  • Kemudian pilih Wipe Data dan Wipe Cache untuk membersihkan semua data dan file sampah di dalamnya
  • Tunggu proses sampai selesai
  • Setelah selesai, matikan ponsel melalui mode Recovery
  • Lalu coba nyalakan kembali
Jika memang penyebabnya adalah masalah sistem, biasanya setelah melakukan cara ini, ponsel jadi normal kembali dan tidak mati total. Proses ini membutuhkan waktu, sebaiknya bersabar dan tidak menyentuh tombol sembarangan.

5. Lakukan Wipe System di Recovery
Metode untuk cara ini masih sama dengan cara sebelumnya, bedanya pada cara ini kita tidak akan menghapus data dan cache, namun menghapus sistem atau Wipe System. Wipe System bertujuan untuk menghapus sistem yang sudah terinstal di ponsel kita. Untuk bisa mengakses Wipe System, kita perlu masuk ke Recovery Mode terlebih dahulu lalu ikuti langkah di bawah ini:
  • Masuk ke Recovery mode dengan menggunakan tombol kombinasi
  • Pilih menu Wipe, kemudian pilih opsi Wipe System
  • Tekan Yes pada notifikasi yang muncul, setelah itu tunggu prosesnya sampai selesai
  • Setelah proses selesai, install ulang sistem dengan menggunakan file .zip berisi ROM firmware

6. Lakukan Flashing HP Android Melalui PC atau Laptop
Flashing adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengganti sistem Android yang rusak atau sudah lama dengan sistem yang masih normal atau sistem yang terbaru. Agar dapat mengatasi ponsel yang mati total, sangat disarankan melakukan flashing agar bisa berfungsi kembali. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi dan menghidupkan HP yang mati total atau tidak bisa hidup sendiri tanpa tombol power.

Untuk bisa melakukan flashing, kita memerlukan laptop atau PC dan koneksi internet yang lancar. Tiap ponsel memiliki cara flashing yang berbeda-beda sesuai dengan sistem yang disediakan oleh setiap provider.

Namun sebelum itu, flashing pada handphone sendiri mempunyai cara yang berbeda-beda tergantung merek handphone karena adanya perbedaan sistem pada setiap provider. kita bisa mencari melalui internet untuk cara flashing yang sesuai dengan merek ponsel kita. kita bisa mengikuti tutorial dengan metode yang paling cocok untuk diterapkan di ponsel tersebut dan pilihlah video atau situs yang terpercaya, contohnya forum resmi dari ponsel tersebut.

7. Bawa ke Service Center
Kalau kita sudah melakukan semua cara mengatasi HP total tidak bisa dicas di atas namun juga belum bisa mengatasinya, pertimbangkan untuk membawanya ke pusat servis ponsel kita yang resmi. Sebab jika cara-cara di atas tidak efektif, kemungkinan besar kerusakan ada pada komponen dan harus diperbaiki oleh ahlinya. Seringnya kerusakan ditemukan di bagian IC Power. Dengan membawa ke pusat servis, ponsel akan dicek untuk mengetahui bagian komponen mana yang mengalami kerusakan. Jika ada yang rusak dan harus diperbaiki atau diganti.

Demikian penjelasan penyebab dan cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang bisa dilakukan baik pada ponsel dengan baterai tanam maupun baterai lepas. HP yang mati total tentu bisa diperbaiki sendiri, namun tentunya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebabnya. (sumber)
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >