Hard reset xiaomi yang tidak bisa masuk recovery mode dan ada gambar colok usb

Bagi yang menggunakan smartphone Xiaomi beberapa dari merka mungkin kesulitan untuk melakukan hard reset atau factory reset. Karena memang sebagian dari tipe Xiaomi tidak bisa direset melalui recovery mode seperti hp android lain pada umumnya.vBiasanya untuk melakukan hard reset smartphone android caranya cukup mudah. Kita tinggal masuk ke recovery mode, pilih wipe & reset, 
maka proses reset akan berjalan dan smartphone kembali bersih seperti baru lagi.

Lain halnya dengan smartphone keluaran Xiaomi yang gunakan Setelah masuk ke recovery mode, ternyata yang keluar hanya gambar hp dan kabel colokan USB seperti gambar di bawah ini.


Muncul gambar hp dan kabel usb Kenapa Tidak Ada Pilihan Wipe & Reset? Setelah browsing sana sini menemukan tutorial yang menjelaskan bagaimana cara Hard reset xiaomi yang tidak bisa masuk recovery mode dan ada gambar colok usb langkah demi langkah cara melakukan factory reset Xiaomi tersebut. Dan menurut informasi yang admin dapatkan, tidak adanya pilihan wipe & reset di recovery mode dikarenakan boot loader-nya dalam keadaan terkunci (locked bootloader).

Maka kita harus menggunakan aplikasi yang bernama Mi PC Suite versi Cina yang diinstall di komputer Windows. Masalahnya, software tersebut menggunakan bahasa Cina atau Mandarin sepenuhnya. Sehingga banyak pengguna yang bingung melakukan hard reset.

Maka dari itu pada artikel kali ini akan coba menjelaskan cara hard reset Xiaomi Redmi 4A bahasa Cina dengan Mi PC Suite.

Apa saja alat dan bahan-bahan yang kita butuhkan?
  • Komputer dengan sistem operasi Windows
  • Kabel USB
  • Aplikasi Mi PC Suite versi Cina (unduh di sini)
  • Universal Adb Driver (unduh di sini)
Ok, setelah semuanya berhasil didownload, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Note:
Lakukanlah tutorial di bawah ini dengan hati-hati. Resiko di tanggung sendiri oleh pembaca.

Langkah-langkah Melakukan Hard Reset Xiaomi Redmi 4A
  1. Pertama-tama install aplikasi Mi PC Suite dan Universal Adb Driver di komputer kamu.
  2. Setelah selesai, jalankan aplikasi Mi PC Suite dan tunggu update data sampai selesai, biasanya sekitar 40 MB data yang diperlukan. Jadi, komputer kamu harus terkoneksi dengan internet.
  3. Selesai di-update, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Matikan smartphone Xiaomi anda, lalu masuk ke recovery mode dengan cara menekan kombinasi tombol Volume atas + tombol Power secara bersamaan sampai muncul menu bahasa Cina dengan warna coklat, biru dan hitam (lihat gambar). Lalu masuk ke recovery mode, perhatikan tanda panah berikut ini.

  • Kemudian akan muncul sebuah gambar smartphone dengan colokan kabel USB di bawahnya. Artinya kita harus segera mengkoneksikan smartphone ke PC dengan kabel USB.
  • Jika smartphone kamu terdeteksi, akan muncul empat buah menu di aplikasi Mi PC Suite. Selanjutnya, klik menu dengan urutan nomor 3 dari atas atau nomor 2 dari bawah (perhatikan tanda panah).
  • Lalu klik tombol sebelah kiri (berwarna merah). Maka akan terlihat sebuah proses loading di bagian bawah Xiaomi Redmi 4A.
  • Lakukan sekali lagi, yaitu dengan mengeklik menu nomor 3 dari atas atau nomor 2 dari bawah, lalu klik tombol sebelah kiri (warna merah).
  • Terakhir, klik menu paling bawah untuk melakukan factory reset.

Dalam tahap ini akan membutuhkan waktu beberapa menit sampai proses hard reset selesai.
Setelah selesai, smartphone Xiaomi kamu akan menyala dengan sendirinya dan akan muncul logo MIUI. Untuk itu lakukanlah beberapa setup awal seperti kamu membeli smartphone baru.

Demikian cara hard reset Xiaomi bahasa cina menggunakan PC yang bisa anda praktekkan. 
Melakukan hard reset atau factory reset akan mengatasi beberapa masalah umum android berikut ini:
  • Lupa pola atau kata sandi
  • Android terasa lemot dan sering hang
  • Android systen error
  • Android boot loop
  • Dan lain-lain
Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

No comments