Redmi 5a ada lambang headset

Mengatasi Redmi 5a ada lambang headset


Selamat datang di blog Servishp.My.Id Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi redmi 5a yang ada lambang headset-nya. Salah satu permasalahan yang cukup umum pada smartphone diantaranya smartphone xiaomi dan khususnya redmi 5a adalah aktifnya mode headset, yang ketika headset sebenarnya tidak sedang terpasang.Dengan kejadian tersebut banyak pengguna Xiaomi yang cukup kebingungan karena smartphone mereka tidak dapat digunakan sebagimana mestinya.


Saat smartphone dalam keadaan mode headset aktif, speaker dan mikrofon dari perangkat akan dimatikan. Akibat adanya bug tersebut, pengguna bakal kesulitan untuk mengoperasikan smartphone karena audio tidak bekerja sebagaimana harusnya. Misalnya saja, pengguna tidak akan bisa memutar lagu, memutar video tidak bersuara, atau merekam suara. Yang paling mengganggu, pengguna tidak bisa melakukan panggilan suara seperti biasanya.

Aktifnya mode headset tanpa ada perangkat headset yang terpasang di smartphone Xiaomi, bisa disebabkan oleh banyak hal. Oleh karenanya, mengatasi permasalahan ini tidak bisa dilakukan serta merta begitu saja, yang artinya sama-sama redmi 5a dan sama-sama permasalahan terdapat lambang headset belum tentu cara kerusakannya sama. Pengguna harus menyesuaikannya dengan penyebab yang menjadi sumber masalah.

ada beberapa penyebab yang bisa membuat mode headset aktif dengan sendirinya. diantara penyebab tersebut dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut ini:

  • Port Jack Audio Kotor


Kemungkinan yang paling ringan dari masalah ini bisa disebabkan karena port jack audio kotor. Seiring berjalannya waktu, lubang konektor tersebut bisa saja kemasukan debu, air, atau kotoran tanpa kita sadari. Untuk itu, kita perlu membersihkannya dengan menggunakan cotton bud (lidi kapas) pembersih telinga atau jepit rambut lidi jika sedikit lebih parah. Jika diakibatkan kemasukan air, kamu bisa juga membersihkannya dengan cara menyikatnya pada bagian-bagian port jack audio. Yang terpenting kita haruslah berhati-hati melakukannya. Jangan sampai hal ini malah merusak perangkat keras dari smartphone yang kita miliki, Jika pada port jack audio ada yang korosi kita bisa menggantinya dengan komponen yang baru.

  • Ada Jalur yang Terputus

Cek jalur port jack audio  seperti pada gambar dibawah ini. jika ada yang putus, bisa dilakukan jumper terdapat jalur yang putus tersebut.


  • Terdapat komponen yang rusak

Pernah ada pengalaman dapat servisan radmi 5a yang setelah semua saya cek baik itu pada port jack audio ataupun jalurnya semua normal, setelah saya amat-amati ternyata ada sebuah dioda yang hangus (saya kira) karena terdapat lubang kecil di bagian atas dioda tersebut, dan akhirnya coba saya lepas dioda tersebut ternyata hasilnya cukup menggembirakan atau logo headset yang menjadi permasalahan di smartphone Redmi 5a tersebut hilang. Permasalahan selesai


Demikian semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat.

Jika teman teman ada yang punya pengalaman lain tentang cara mengatasi Redmi 5a ada lambang headset selain yang saya sebutkan diatas, teman-teman bisaikut berbagi dengan menambahkahnya di kolom komentar, atau bisa langsung kirim kesaya melalui contact yang terdapat di MENU bagian atas postingan ini.

Terimakasih.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >