Oppo A92 Tidak Bisa di Cas

Oppo A92 Tidak Bisa di Cas Charger malas Panas


Sekitar awal bulan ini, (september 2020) saya dapat servisan Oppo A92 yang tidak bisa di cas. Menurut keterangangan yang punya hp, awalnya hp tersebut di cas menggunakan charger yang ada di mobil, jadi dalam pengecasannya menganggunaka daya dari mobil tersebut. Ya wajar saja karena yang punya hp ini adalah seorang driver ekpedisi antar propinsi yaitu salah satu perusahaan pengiriman paket terbesar di indonesia dan dia banyak menghabiskan waktunya di dalam perjalanan.
Ketika hp pertama datang, sayaa coba cas menggunakan charger yang biasa saya gunakan untuk mengecask handphone saya. Begitu usb charger saya sambungkan ke ponsel Oppo A92 tersebut, ponsel tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda tersambung ke pengecassan. Ternya setelah saya tunggu sekitar 15 detik tetap saja tidak ada respon, saya coba cek adaptor pengecassan tersebut dan benar saja adaptor tersebut menjadi sangat panas.

Saya coba bongkar perangkat Oppo A92 tersebut kemudian saya lepaskan fleksibel yang menempel ppada bagian papan pcb charger, keluarkan papan pcb charger tersebut dari tempatnya. Setelah papan pcb charger tersebut sudah terlepas saya coba menyambungkan chager yang sumber tegangannya berasal dari power suplay. Begitu baru tersambung power suplay langsung menjerit. Saya sempet mencoba berulang ulang tetapi tetap saja si power suplay menjerit-jerit histeris.

Ahirnya saya mencoba cara lain, yaitu saya coba sambung menggunakan baterai yang tanpa pengaman ( LOS / DOL) yaitu baterai yang sudah saya lepas komponen elektroniknya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini 


Dengan begitu setelah papan pcb Oppo A92 tersebut saya sambungakan dengan baterai los/dol tadi ada bagian pada kaleng penutup dekat konektor fleksibel yang terasa begitu panas, yang letak pastinya seperti pada gamber berikut

Akhirnya perasaan mulai agak lega karena mengira ada sedikit harapan karena permasalaha sudah di temukan. Setelah kaleng penutup tersebut saya bongka, ternyata ada bagian yang berlubang pada salah satu komponen di dalamnya


Setelah ketemu permasalahannya seperti pada gambar diatas, saya langsung mencari papan pcb charger oppo a92 untuk mengganti komponen tersebut, tetapi sungguh disayangkan udah cari dimana-mana baik ofline maupun online ternyata belum menemukan.
Dan ujung-ujungnya Kembali ke komponen yang berlubang tadi, akhirnya saya punya ide untuk mengganti komponen yang berlubang tersebut itu aja. tidak seperti biasanya begitu ada yang rusak langsung ganti satu set karena lebih praktis. Lalu saya mengambil papan pcb xiaomi redmi 5a ternyata komponen yang jebol di oppo a92 hampir mirip dengan yang ada di redmi 5a. setelah komponen yang berlubang pada oppo a92 tadi saya ganti dengan mengambil dari papan pcb charger redmi 5a lalu coba saya sambungkan denga usb yang tegangannya dari power suplay ternyata power suplainya sudah tidak menjerit lagi. Saya pasang kembali papan pcb charger ke ponsel oppo a92 ternyata oppo a92 tersebut bisa mengisi daya kembali. Dan pekerjaan kali ini selesai.

Previous Post
Next Post

0 komentar: