Menghapus atau menonaktifkan aplikasi

Cara Menghapus atau menonaktifkan aplikasi di Android


Anda dapat meng-uninstal aplikasi yang telah diinstal di ponsel. Jika menghapus aplikasi berbayar, Anda dapat memasang kembali tanpa perlu membelinya lagi. Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi sistem bawaan ponsel.

Catatan: Beberapa langkah ini hanya berfungsi di Android 8.1 dan yang lebih baru. Pelajari cara memeriksa versi Android.

Menghapus aplikasi yang telah diinstal
  1. Buka aplikasi Google Play Store Google Play.
  2. Ketuk Menu Menu lalu Aplikasi & game saya.
  3. Ketuk aplikasi atau game.
  4. Ketuk Copot Pemasangan.
Tips: Jika menghapus atau menonaktifkan aplikasi, Anda dapat menambahkannya kembali ke ponsel. Jika aplikasi telah dibeli, Anda dapat menginstal ulang tanpa perlu membelinya lagi. Pelajari cara menginstal ulang dan mengaktifkan kembali aplikasi.

Menonaktifkan aplikasi bawaan ponsel
Anda tidak dapat menghapus beberapa aplikasi sistem bawaan yang telah diinstal di ponsel Android Anda. Namun, pada beberapa ponsel, yang anda dapat menonaktifkannya agar tidak muncul dalam daftar aplikasi di ponsel Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Android Bloatware Dengan CCleaner
Sebelumnya, vendor tidak mengizinkan pengguna meng-uninstall bloatware. Namun kini Anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah dan tanpa me-root perangkat Android.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot mengaktifkan sistem Super-User terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi bawaan tersebut. Berikut adalah cara menghapus aplikasi di Android yang merupakan bloatware atau aplikasi bawaan smartphone, melansir dari Tekno Liputan6.com:
  1. Sebelum dimulai, pastikan Anda sudah mengunduh dan instal aplikasi CCleaner dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan tap garis tiga di pojok kiri atas aplikasi untuk munculkan opsi menu, dan pilih App Manager.
  3. Pilih tab System dan tap aplikasi bloatware yang ingin Anda hapus dari smartphone.
  4. Klik tombol Uninstall untuk melanjutkan.

Ingat, menghapus aplikasi bawaan kemungkinan bisa menyebabkan beberapa masalah terhadap sistem Android.


Cara Menghapus Aplikasi di Android Tanpa Root
Berikut ini adalah alternatif cara menghapus aplikasi di Android yang merupakan bloatware atau aplikasi bawaan smartphone. Kali ini Anda tidak perlu menginstall aplikasi CCleaner seperti sebelumnya. Anda bisa langsung melakukannya melalui ponsel Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka smartphone dan pergi ke menu setting/pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu aplikasi/apps/aplications yang terdapat di dalam menu pengaturan. Di sana, Anda akan melihat berbagai aplikasi yang terpasang pada smartphone.
  3. Setelah itu, klik aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan atau hapus. Sekedar informasi, untuk aplikasi bawaan android, ciri-cirinya adalah hanya terdapat 2 pilihan yang muncul pada aplikasi tersebut, yakni ‘Disable’ dan ‘Force Stop’.
  4. Selanjutnya tap tombol ‘Disable’ untuk menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Namun jika aplikasi itu tidak dapat dihapus, maka cobalah tap tombol ‘Force Stop’ terlebih dahulu. Hal ini karena kemungkinan aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang sehingga harus dihentikan terlebih dahulu.
  5. Kemudian sekali lagi klik ‘Disable’ lalu tekan OK.
Aplikasi bawaan smartphone android telah berhasil dihapus.

Cara Menghapus Aplikasi di Android Dengan Root
Cara menghapus aplikasi di Android yang selanjutnya adalah dengan menghapusnya sekaligus bersamaan dengan Root-nya. Hal ini hanya dapat diterapkan oleh smartphone yang sudah dalam kondisi Root.

Root adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pengguna Android agar dapat melakukan akses penuh pada smartphone tanpa takut dibatasi oleh ketentuan sistem Android yang bersangkutan. Cara menghapus aplikasi di Android dengan Root adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi ‘System App Remover’ di Google Play Store. Aplikasi ini memang dapat didownload oleh semua smartphone, baik yang sudah dalam kondisi root atau tidak. Namun ketika digunakan, hanya smartphone yang telah di-root saja yang dapat memanfaatkan fitur-fiturnya.
  2. Setelah menginstallnya, buka aplikasi tersebut. Umumnya akan muncul Pop Up notifikasi SuperSU yang meminta akses root. Cukup klik ‘Grant’ atau ‘Izinkan’.
  3. Pilih aplikasi bawaan smartphone yang ingin Anda hapus. Anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus yang dianggap tidak begitu penting fungsinya.
  4. Selanjutnya klik ‘Uninstall’.
  5. Ketika muncul Pop Up, klik ‘Yes’.
  6. Tunggu hingga proses uninstall aplikasi-aplikasi tersebut selesai.
  7. Aplikasi bawaan smartphone Android pun berhasil dihapus.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Menghapus atau menonaktifkan aplikasi di Android semoga saja dapat bermanfaat.
Terimakasih
Donasi Gratis ke-blog ini, klik disini untuk melihat caranya)

Previous Post
Next Post

0 komentar:

asa