restart HP vivo saat Layar macet

Cara memaksa restart Hp vivo saat Layar macet

https://goo.gl/q4GzhP

Kejadian layar tidak merespon di HP vivo, entah itu karena aplikasi yang tiba-tiba macet saat dijalankan atau sebab lain dan tombol fisik tidak berfungsi menyebabkan penggunanya tidak bisa merestart ulang sistem.

Kejadian layar diam tidak bergerak dan tombol fisik bisa terjadi pada semua tipe smartphone Vivo seperti Vivo Y71, Vivo V9, V7 dan lain sebagainya. dan sebenarnya ada tips khusus yang jarang diketahui beberapa pengguna HP Android saat mengalami kejadian tombol power tidak bisa digunakan untuk mematikan atau restart HP.

Cara paksa restart HP vivo saat layar dan tombol macet

Seperti yang pernah saya post di artikel sebelumnnya, bahwasanya kejadian layar dan tombol fisik di HP Android yang tiba-tiba tidak berfungsi bsia disebabkan beberapa hal seperti berikut ini:

Penyebab Layar dan Tombol HP Vivo macet

RAM dan Prosesor Overload

Salah satu penyebab sistem tidak berfungsi di HP Android Vivo disebabkan kinerja CPU yang terlelu berlebihan dan kapasitas RAM yang sudah habis terpakai.

Pada saat banyak proses yang terjadi di sistem maka prosesor akan semakin meningkat kinerjanya dan apabila kapasitas RAM di HP Vivo sudah kritis bisa menyebabkan sistem Hang dan akibatnya layar dan beberpaa fungsi tombol di ponsel tidak akan bekerja untuk sementara waktu. Sebenarnya dengan menunggu beberapa saat dan pengguna tidak melakukan aktifitas sentuhan sedikitpun di layar umumnya bisa mengatasi problem tersebut, layar dan tombol juga akan bisa berfungsi lagi secara normal bila alur proses di CPU sudah lancar kembali.

Saat di HP vivo milik kita banyak terinstall berbagai aplikasi semisal media sosial seperti Facebook, WhatsApp, BBM, Line, Instagram, Twitter dan lain sebagainya, yang kesemuanya aplikasi tersebut akan menjalankan sebagian prosesnya di background sehingga akan mempercepat RAM kehabisan kapasitas serta prosesor semakin berat kinerjanya.

Saat banyak proses aplikasi di background yang berjalan dan CPU tidak lagi mampu mengatasi alur proses yang demikian banyak, bisa menyebabkan tampilan di layar Hang dan tidak merespon, begitu pula dnegan tombol fisik juga tidak akan bekerja dengan semestinya.

Sistem dan aplikasi bermasalah

Aplikasi yang filenya corrupt juga bisa menyebabkan layar ponsel blank dan tidak bergerak sama sekali, Apalagi kalau sistem yang error pastinya seringkali ponsel akan macet saat digunakan. Untuk mengetahui apakah penyebab macetnya layar dan tombol di Ponsel android disebabkan oleh rusaknya aplikasi atau sistem bisa dengan menjalankan salah satu aplikasi yang berpotensi menyebabkan layar hang.

Bila semua aplikasi yang kita jalankan juga berpengaruh pada macetnya kinerja layar, maka bisa dipastikan bukan aplikasinya yang error, namun sistem yang sudah bermasalah. Untuk mengatasi sistem Android seperti HP vivo yang error bisa dilakukan dengan menjalankan proses factory reset atau bisa dengan cara terakhir yakni flashing ulang firmwarenya.

Tips Restart HP vivo saat layar macet

Nah, untuk melakukan reboot atau memuat ulang Sistem HP Android Vivo yang tidak bisa direstart dengan cara menekan tombol power sekitar 2 detik dan tidak muncul menu restart atau shutdown, dan bila ponsel juga menggunakan baterai berjenis Non removable maka bisa menggunakan tips di bawah ini:

Pada saat kondisi ponsel Vivo macet tombol powernya dan layar tidak bergerak sama sekali, silahkan tekan tombol Power untuk beberapa saat, jangan dilepas sampai ada tulisan reboot atau matikan. Umumnya menekan tombol power dalam waktu lama di HP vivo bisa dilakukan dalam hitungan lebih dari 20 detik. Pada beberapa tipe Vivo saat kita menekan tombol power terus menerus dalam waktu lama akan langsung restart dengan sendirinya tanpa ada peringatan menu reboot di layar.

Itulah tips mudah merestart HP vivo dengan paksa karena layar dan tombol power yang sudah tidak bisa berfungsi saat sistem sibuk, semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >