Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

3 Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Sumber gambar dari google

Bagi kita pemilik HP Samsung, sudah banyak fitur keamanan yang ditawarkan oleh perusahaan yang satu ini. Salah satunya adalah penguncian aplikasi yang berada di HP Samsung milik kita. Ada beberapa cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kita gunakan serta coba sendiri.

Pada artikel ini hanya akan membagikan tiga trik jitu yang sudah pasti dapat digunakan oleh kita. Salah satu alasan mengunci aplikasi adalah untuk menjaga privasi. Sehingga bagi kita yang tidak ingin terganggu privasi-nya, maka kita bisa menggunakan tiga cara ini agar dapat mengunci aplikasi milik kita.

Berikut ini adalah Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung:

1. Fitur S Secure
Fitur yang satu ini juga salah satu cara mengunci aplikasi yang dimiliki oleh Samsung. Cara yang satu ini uniknya akan mengamankan aplikasi dengan menghubungkan password utama atau password baru yang langsung mengunci aplikasi yang kita pilih.

Aplikasi ini sudah tersedia secara langsung di HP Samsung kita, namun jika memiliki versi yang lama maka kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. Adapun cara menggunakan S Secure menjadi salah satu cara mengunci aplikasi di HP Samsung sebagai berikut:
  1. Buka S Secure yang sudah tersedia di Hp Samsung kita. Jika belum ada, maka kita bisa download secara langsung melalui Samsung
  2. Jika sudah kita buka, tinggal kita pilih lock kita mask app untuk mengaktifkan penguncian pada aplikasi yang akan kita pilih dan pastikan sudah aktif
  3. Pilih app lock type untuk memilih metode penguncian. Jika kita tidak akan menggunakan password utama, maka kita diminta untuk membuat password baru.
  4. Setelah melakukan setting tersebut, kita tinggal menambahkan aplikasi yang ingin kita kunci sebanyak apa yang kita inginkan.
  5. Jika semua aplikasi sudah kita pilih, klik selesai untuk membuat fitur S Secure ini aktif.
  • Pada fitur S Secure, kita tidak hanya dapat mengunci aplikasi namun juga dapat menyembunyikan aplikasi yang kita miliki.
  • Untuk mengurungkan agar aplikasi dapat terbuka kembali tanpa menggunakan password, maka kita bisa mengulangi cara tersebut untuk membuka kunci aplikasi.

  • 2. Secure Folder
    Cara yang satu ini merupakan cara mengunci aplikasi di HP Samsung tanpa aplikasi tambahan. Hal ini sangat menguntungkan kita karena kita tidak perlu repot-repot untuk mencari aplikasi ketiga untuk mengunci aplikasi milik kita. Adapun cara mengunci aplikasi ini menggunakan Secure Folder

    Apa itu secure folder? Fitur ini merupakan buatan Samsung langsung yang berguna untuk meningkatkan keamanan yang dimiliki oleh HP Samsung milik kita. Secure Folder merupakan fitur yang sudah ada di beberapa generasi HP Samsung terbaru saat ini sehingga kita bisa langsung menggunakannya.

    Cara kerjanya dari secure folder adalah dengan membuat ruang ter-enkripsi sehingga dapat dengan mudah menyembunyikan file atau aplikasi dengan aman. Berikut ini adalah cara penggunaan dari secure folder:
    1. Pertama, kita masuk ke Pengaturan di HP Samsung milik kita
    2. Kemudian kita pilih Lock Screen and Security atau masuk ke Biometrics and Security
    3. Lalu kita pilih menu Secure Folder
    4. Lalu kita tekan selanjutnya pada halaman yang menjelaskan secure folder dan kita nantinya akan menekan tombol mulai
    5. Kemudian kita diminta untuk login di akun Samsung kita. Jika kita belum pernah login, maka cara mudahnya adalah kita mendaftar terlebih dahulu
    6. Kemudian jika kita sudah berhasil login, nantinya pada secure folder akan memberikan pilihan keamanan yang akan dilakukan seperti apa.
    7. Kemudian kita pilih mode apapun untuk melakukan penguncian atau penyembunyian aplikasinya
    8. Kemudian kita bisa klik selanjutnya pada pengaturan tersebut.
    9. Lalu kita akan diarahkan dalam pembuatan kunci sesuai dengan metode yang kita pilih sebelumnya dan kita diminta untuk memasukkan ulang kunci yang kita buat untuk melakukan konfirmasi.
    10. Tunggu prosesnya dan kita akan mendapatkan secure folder milik kita.
    11. Tambahkan aplikasi yang ingin kita kunci di secure folder. Jika semuanya telah terpilih, maka kita klik add untuk mengamankan aplikasi di secure folder milik kita.
    Semua aplikasi yang dipilih kita untuk dimasukkan ke secure folder nantinya dapat digunakan dengan cara kita harus login terlebih. Hal inilah yang menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan privasi melalui cara mengunci aplikasi di HP Samsung. Aplikasi yang satu ini berbeda dengan S Secure tapi wajib dicoba.

    3. Menggunakan aplikasi bawaan ketiga
    Jika kita memiliki HP Samsung dengan memori internal yang kecil, maka kita tidak perlu khawatir. Pasalnya kita bisa mengunduh aplikasi bawaan ketiga dari PlayStore. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa kita gunakan sehingga kita tidak perlu pusing harus ganti Hp demi mengamankan aplikasi yang kita miliki.

    Adapun contoh – contoh aplikasi yang bisa kita gunakan adalah AppLock by IVYMOBILE, AppLock dari DoMobile Lab, dan aplikasi lainnya yang sekiranya cocok untuk HP kita. kita bisa memilih sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing AppLock tersebut. Kali ini akan dibahas App Lock yang bisa kita gunakan dari IVYMOBILE.

    Cara menggunakan IVYMOBILE adalah sebagai berikut:
    1. Pasang atau install aplikasinya terlebih dahulu
    2. Jika sudah terpasang maka kita tinggal buka aplikasinya dan tunggu loading dulu
    3. Kemudian akan ada tampilan aplikasi yang ada di HP Samsung kita, kemudian centang aplikasi yang akan kita kunci
    4. Jika sudah kita centang, maka kita klik set password
    5. Nantinya kita akan diminta untuk membuat password dengan mode pola dan melakukan password lagi agar mengonfirmasi pola. Kemudian klik selesai
    6. Ketika ada permintaan izin penggunaan aplikasi, maka kita bisa klik izinkan agar AppLock ini dapat kita gunakan dengan baik.
    Masih banyak lagi aplikasi ketiga yang bisa kita gunakan dan caranya hampir sama pada setiap aplikasi. Perbedaannya adalah di fitur tambahannya yang harus kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu kita harus memilihnya dengan bijak.

    Ohya kalo HP Samsung kita tipe J2 dan mengalami lupa pola dan akun google, bisa lihat: Cara Reset Kode dan Bypass akun google Samsung J2 Prime.

    Demikian pembahasan cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kita lakukan di HP Samsung kita. Cara ini bisa kita gunakan sesuai dengan keinginan kita. Bisa menggunakan aplikasi ketiga atau aplikasi bawaan yang menurut kita lebih efisien dan aman. Hal terpenting adalah privasi dan keamanan kita terjaga.
    Postingan terbaru
      Previous Post
      Next Post

      0 komentar:

      >