Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh
Ternyata banyak juga yang melakukan pencarian mengenai cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh. Apakah teman-teman juga para pengguna HP vivo yang juga mengalami permasalahan yang sama? Jika iya, Pastinya sebel banget kan, misal saat lagi mau menggunakan HP Vivo tapi malah macet, touchscreen tidak berfungsi atau tidak bisa disentuh. Nah, dari pada bete dan kesel sendiri, kita bisa coba beberapa langkah di bawah ini siapa tahu berhasil untuk mengatasi layar HP Vivo kita yang tidak bisa ditekan atau disentuh.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh
Sebelum ke Langkah cara mengatasinya, kita perlu tahu dulu apa penyebabnya agar dikemudian hari tidak terulang hal yang sama dengan menghindari penyebabnya. Ada banyak faktor penyebab yang bisa mengakibatkan masalah seperti ini.

Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan layar sentuh tidak bisa disentuh.
  • Layar HP Android kotor sehingga membuat respon layar sentuh terhadap jari kita terhambat atau macet.
  • Penggunaan RAM terlalu besar juga bisa membuat HP lemot hingga saking lemotnya terkesan layar hang atau susah merespon sentuhan.
  • HP yang ketindihan terlalu lama juga menyebabkan HP hang karna sensitivitas layar terganggu sehingga meskipun sudah dicoba disentuh berulang kali, tetap saja touchscreen tidak bereaksi.
  • HP yang pernah terjatuh juga bisa mengakibatkan mendadak fungsi sentuhnya tidak berfungsi karna bisa saja socket jalur LCD kendor atau lepas. Apalagi jika LCD HP retak dan jenis layar super amoled, ini sudah pasti menjadi penyebab kadang HP tidak bisa disentuh secara normal.
  • HP yang pernah terkena air juga bisa membuat komponen dalam ponsel mengalami konsleting yang bisa memungkinkan kerusakan pada layar sentuh.
  • Dan beberapa penyebab lainnya.

Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh
Setelah mengetahui beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh, langsung saja kita ke tutorial cara mengatasinya.

Langkah-langkah cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh:

1. Matikan Handphone
Jika HP layar sentuhnya tidak bisa disentuh, ada baiknya kita coba matikan dulu HP-nya. Biarkan istirahat dari pemakaian. Siapa tahu HP mengalami panas atau overheat jadi biarkan hingga dingin. Setelah dirasa cukup istirahatnya, bisa coba nyalakan kembali.

2. Bersihkan Layar HP
Saat HP sudah dimatikan, kita juga bisa mencoba membersihkan layarnya. Barangkali kotornya layar menyebabkan respon sentuhnya jadi lambat atau terganggu. Kamu bisa membersihkannya dengan kain kering dan minyak kayu putih sendiri di rumah.

3. Tekan Tombol Volume dan Power Bersamaan
Untuk mengatasi Hp vivo yang hank dan layar tidak bisa disentuh, kita bisa coba restart paksa menggunakan tombol fisik yang ditekan bersamaan.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh dengan tombol fisik:
  1. Biarkan HP menyala.
  2. Tekan & tahan tombol volume bawah dan power secara bersamaan hingga restart.
  3. Setelah mati, lepas semua tombol.
  4. Tunggu hingga menyala kembali.
  5. Setelah menyala coba cek respon sentuh layarnya.

4. Matikan Fitur TalkBack
Jika respon sentuh HP masih susah digunakan, bisa coba dengan mematikan fitur TalkBack. Dengan cara ini kita harus menggunakan 2 jari yang menekan berkali-kali untuk menyentuh HP atau membuka program yang ada di HP, karena biasanya jika cuma satu jari respon sentuhnya kurang merespon, tapi kalo dengan 2 jari merespon.

Berikut cara mengatasi HP Vivo tidak bisa disentuh dengan mematikan fitur TalkBack:
  1. Buka menu Pengaturan dengan 2 jari menekan berkali-kali hingga terbuka.
  2. Pilih menu Pengaturan lainnya sentuh dengan 2 jari juga.
  3. Kemudian pilih Aksesibilitas.
  4. Selanjutnya pilih TalkBack.
  5. Jika fitur TalkBack aktif, maka nonaktifkan saja.
  6. Klik Bar ON OFF TalkBack untuk menonaktifkannya.
  7. Pilih Oke pada notif yang muncul. Sekarang HP sudah bisa disentuh dengan normal lagi.
  8. Matikan Fitur TalkBack

Cara ini biasanya berfungsi untuk HP yang fitur TalkBack-nya memang aktif. Jika pada HP Vivo kamu ternyata fitur ini mati, maka coba cara yang lainnya.

5. Lakukan Kalibrasi Layar
Jika masih bisa membuka menu, Kita juga bisa melakukan kalibrasi layar sentuh HP kita. Mayoritas HP yang touchscreen punya fitur pengaturan untuk melakukan kalibrasi atau Calibration. Coba lakukan kalibrasi di HP Vivo punyamu. Nanti kamu akan diminta mengikuti petunjuk kalibrasi sentuh layar yang ada, ikuti saja. Setelahnya biasanya layar touchscreen kembali normal berfungsi.

6. Di keringkan
Cara yang satu ini jika HP Vivo kita sehabis terkena air dan layar sentuhnya tidak berfungsi, maka sebaiknya kita keringkan HP terlebih dahulu, Untuk mengeringkannya kalau menurut saya jangan jangan di jemur atau dimasukkan kedalam beras.


Dari beberapa pengalaman hp yang terkena air yang kemudian di jemur atau di taruh dalam beras air yang mengering malah akan meresap kebagian atau komponen yang terdapat air tersebut.

Jadi Hp yang terkena air usahakan kita bongkar minimal tutup belakangnya saja bila memungkinkan lepas dulu baterainya, tetapi jika tidak kita usahakan untuk menonaktifkan hp tersebut, lalu letakka hp dalam posisi miring didepan kipas yang dinyalakan. tujuannya agar jika terdapat air, air akan mengalir kebagian bawah. Mudah mudahan hp kita bisa kembali di sentuh dan normal lagi.

7. Lakukan Reset
Kita juga bisa melakukan reset pada HP Vivo kita jika layar sentuh tidak bisa disentuh, karena barangkali ada aplikasi yang error atau virus yang menyebabkan respon sentuh layar tidak berfungsi dengan baik. Jika HP masih bisa membuka dengan cara menekan-nekan terus jari berkali-kali, kita bisa coba buka menu pengaturan untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Tapi jika tidak bisa masuk ke menu dalam aplikasi HP, lakukan saja hard reset dengan tombol fisik HP.

Berikut cara mengatasi HP Vivo tidak bisa disentuh dengan reset ke pengaturan pabrik:
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Pengaturan lainnya
  3. Pilih Buat cadangan & Atur ulang
  4. Pilih Hapus semua data
  5. Centang pada Format penyimpanan telepon
  6. Pilih Bersihkan sekarang
  7. Pilih Hapus semua
  8. Tunggu proses hingga selesai
  9. Setelahnya nanti restart
  10. Jika sudah nyala, akan muncul tampilan setelan awal HP Vivo
  11. Selesai, tinggal dicek layar sentuhnya sudah berfungsi kembali atau belum

Untuk melakukan Hard Reset, berikut langkah-langkah hard reset HP Vivo:
  1. Matikan Handphone
  2. Tekan & tahan tombol volume atas dan power secara bersamaan
  3. Setelah muncul Fastboot Mode,
  4. lepaskan semua tombol Pilih Recovery Mode
  5. Tunggu beberapa saat
  6. Setelah muncul menu Recovery, pilih Wipe data
  7. Pilih Wipe data dan pilih lagi Wipe data
  8. Tunggu proses hingga selesai
  9. Jika sudah, pilih OK
  10. Kemudian pilih Back
  11. Pilih Reboot system
  12. HP otomatis akan restart
  13. Setelah restart nanti akan muncul tampilan pengaturan awal HP Vivo
  14. Selesai dan coba cek apakah respon sentuh layar sudah normal kembali

Tutorial di atas adalah cara reset HP Vivo Y91 sebagai contoh. Untuk cara reset HP vivo tipe lainnya hampir sama persis kok alur caranya. Jika menggunakan cara di atas masih saja tidak berhasil, coba cara yang lainnya.

8. Ganti layar LCD
Ini adalah cara terakhir setelah mencoba semua cara secara manual, HP yang tidak bisa disentuh layarnya kemungkinan karena layar atau touchscreen-nya yang bermasalah. Biasanya jika beberapa cara di atas tidak ada yang berhasil, maka kita bisa coba ganti LCD atau layar Touchscreen. Setelah ganti layar LCD biasanya HP kembali berfungsi normal respon sentuhnya.

Akhir Kata
Itulah beberapa cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh layarnya untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali, layar touchscreen tidak berfungsi sebagian, ataupun memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon baik karena kotor ataupun karena air. Semoga berguna dan membantu kita semuanya.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >