Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi Hp Android (+Penyebab)

Aplikasi tidak menanggapi pada Android seringkali kita alami baik saat membuka aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube, Shoppe, Line, hingga game Minecraft. Hal tersebut tentu saja membuat kita kesal. Nah, untuk cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp Android bisa dilakukan dengan beberapa metode yang sangat sederhana dan mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Penyebab Aplikasi Tidak Menanggapi
  • Aplikasi terserang malware atau virus.
  • Data base aplikasi ada yang corrupt atau rusak.
  • Memori RAM dan ROM sudah penuh atau sesak.
  • Aplikasi kadaluarsa.
  • Game atau aplikasi tidak kompatible

Jadi sekarang sudah tahu kan kenapa aplikasi tidak menanggapi di hp kita, diantaranya disebabkan karena masalah di atas. untuk memperbaiki aplikasi tidak menanggapi tersebut kita bisa ikuti panduan di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di Hp Android
Dalam pembahasan tutorial kali ini kita akan bagi menjadi dua bagian, karena terkadang aplikasi tidak menanggapi bukan hanya terjadi pada satu aplikasi saja. Namun, juga bisa dialami oleh semua aplikasi di hp Android kita.

Selain itu tips cara atasi aplikasi tidak menanggapi ini berlaku untuk semua merk smartphone Android seperti hp Xiaomi, Oppo, Lenovo, Vivo, Samsung, Huawei, Asus, Realme, LG, Advan, dan lainnya.

Langkah-langkah Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi Tiba-tiba Berhenti

1. Restart Hp
Salah satu trik lama yang mungkin bisa membantu kita membuka aplikasi yang tidak bisa dibuka atau tidak menanggapi. Kita bisa menghidupkan ulang sistem operasi hp Android tersebut, biasanya masalah ini hanya bersifat sementara yang disebabkan karena adanya bug sistem. aplikasi tidak menanggapi pada android

2. Tutup Paksa Aplikasi
Alternatif kedua yaitu dengan menghentikan paksa aplikasi yang bermasalah tersebut. Kita bisa menutup paksa jalannya aplikasi di hp Android melalui Menu Pengaturan, berikut panduannya.
  1. Buka Hp Android kita lalu masuk ke Menu Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah lalu cari opsi Manajer Aplikasi.
  3. Pada Manajer Aplikasi buka tab aplikasi Berjalan.
  4. Buka Aplikasi Bermasalah tersebut, lalu ketuk tombol Paksa Berhenti.
  5. Saat keluar notifikasi atau pemberitahuan "Jika Anda memaksa untuk menghentikan aplikasi, kesalahan mungkin terjadi" kita tekan saja tombol OK.
  6. Secara otomatis apk akan terhenti dan kita bisa membukanya kembali aplikasi yang tidak menanggapi tersebut.

Biasanya hanya dengan trik sepele ini kita bisa membuka kembali aplikasi yang susah dibuka pada hp Android kita.

3. Bersihkan Junk Files
Aplikasi tidak merespon saat dibuka biasanya juga disebabkan karena cache yang menumpuk di ponsel pintar kita terlalu banyak. Akibatnya kinerja sistem operasi Android semakin lama semakin lemot, hal ini tentu saja tidak baik untuk performa sistem.

Salah satunya aplikasi di hp Android kita susah dibuka atau aplikasi not responding, solusinya kita bisa membersihkan cache yang sudah menumpuk hingga bergiga-giga tersebut.

Kita bisa menggunakan aplikasi pembersih disk seperti apk CCleaner dan Clean Master yang dapat kita download secara gratis di Google Play Store.

4. Update Aplikasi
Aplikasi sulit dibuka pada hp kita juga bisa karena masalah sepele ini, aplikasi sudah kadaluarsa dan perlu dilakukan pembaruan atau update.

Biasanya saat mengupdate aplikasi ke versi terbaru kita akan mendapatkan perbaikan masalah seperti bug sistem. Terlebih lagi kita juga mendapatkan tambahan fitur menarik dari setiap aplikasi yang kita gunakan. aplikasi sering tidak menanggapi hp android

Adapun panduannya ada di bawah ini.
  1. Buka Aplikasi Google Play Store di Android.
  2. Masuk ke kolom pencarian di bagian Telusuri Aplikasi & Game.
  3. Ketik nama aplikasi misalnya Facebook lalu Cari.
  4. Pilih aplikasi yang dimaksud.
  5. Terakhir kita tekan tombol Update (Perbarui).

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut selesai diperbarui atau update, setelah selesai kita bisa membukanya kembali. >Alternatif lainnya kita bisa melakukan install ulang aplikasi yang bermasalah.

Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka Menu Pengaturan (Settings).
  2. Pilih Manajer Aplikasi.
  3. Ketuk aplikasi yang bermasalah.
  4. Pada bagian Info Aplikasi kita pilih opsi Hapus Instalan.
  5. Biasanya akan keluar peringatan "Hapus instalasi aplikasi" kita pilih Hapus Instalan.
  6. Terakhir kita bisa lakukan restart dan menginstal aplikasinya lagi.

Biasanya hal ini bisa mengatasi bug yang mungkin muncul karena proses instalasi terganggu. Sesi terakhir ini mungkin jarang terjadi karena banyaknya aplikasi yang tidak menanggapi atau hampir keseluruhan aplikasi bermasalah. Untuk mengatasinya kita bisa ikuti tips sederhana berikut.
Cara Mengatasi Semua Aplikasi Tidak Menanggapi
Solusi terbaik yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara mereset hp Android kita. Hal ini karena masalah bug yang sulit dihilangkan, lewat hard reset setidaknya bisa menghilangkan bug dan mengembalikan hp ke pengaturan pabrikan.

Panduan Factory Reset Hp Android

  1. Buka Menu Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah pilih Cadangkan dan Reset.
  3. Pada bagian Data Pribadi tepat di bawahnya kita ketuk Reset Data Pabrik. Setelah itu keluar pemberitahuan tentang konsekuensi melakukan Factory Reset, langsung saja kita ketuk tombol Reset Perangkat.
  4. Keluar lagi peringatan terakhir kita ketuk saja tombol Hapus Semua.

Penting sebelum melakukan reset hp ini yaitu melakukan backup file penting, kita bisa menyimpannya secara online atau tempat lainnya seperti MicroSD. Lebih dari itu juga ada beberapa aplikasi bawaan hp seperti apk telepon, sms, kontak, pengaturan, dan lainnya. Jika aplikasi ini error atau tidak menanggapi kemungkinan besar terjadi masalah pada sistem operasi Android tersebut. (sumber)
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >