Mengatasi Hp Vivo Lemot, Lelet dan Lag

8 Cara Mengatasi Hp Vivo Lemot, Lelet dan Lag


Cara termudah untuk mengatasi hp Vivo lemot adalah dengan melakukan factory riset atau mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Namun cara tersebut kurang efektif karena akan menghapus semua file yang tersimpan di smartphone.

Factory riset bisa menjadi opsi apabila semua cara mengatasi hp Vivo lemot tidak ada yang berhasil. Nah untuk mengetahui apa saja cara mengatasi hp Vivo lemot silahkan ikuti cara-cara di bawah ini.

Penyebab Smartphone Vivo Lemot

Penurunan performa hp Vivo bisa disebabakan oleh berbagai macam faktor. Jika tidak segera di atas maka membuat smartphone menjadi lemot. Alhasil smartphone terasa kurang nyaman saat dipakai bermain game maupun menjalankan aplikasi tertentu.

Yah, smartphone yang lemot memang sangat menyebalkan. Terlebih jika digunakan untuk bermain game, pasti akan terasa ngelag. Lebih parahnya lagi bisa membuat game atau aplikasi yang dijalankan menjadi crash.

Biasanya penurunan performa smartphone disebabkan oleh RAM yang bekerja terlalu ekstra untuk menjalankan aplikasi dan game. Selain faktor Ram, masih ada beberapa penyebab hp Vivo lemot lainnya yang bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Media penyimpanan habis karena terlalu banyak aplikasi, game, foto, video maupun file lainnya yang tersimpan di memori internal
  2. Terlalu banyak cache dan junk file sehingga menyebabkan penurunan performa
  3. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background sehingga mengakibatkan kapasitas Ram berkurang
  4. Terjadi bug pada sistem operasi atau software yang digunakan hp Vivo
  5. Spesifikasi ketinggalan jaman sehingga tidak bisa mengimbangi perkembangan aplikasi dan game terbaru yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi
  6. Software belum diupdate ke versi terbaru
  7. Smartphone terlalu panas sehingga mengakibatkan frame drop.

Cara Mengatasi Hp Vivo Lemot
Setelah mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan hp Vivo lemot, selanjutnya mari kita membahas mengenai cara mengatasi Vivo lemot. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

1. Menggunakan Fitur IMANAGER

Semua smartphone Vivo terbaru telah dilengkapi aplikasi bawaan bernama IMANAGER. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan performa smartphone dengan satu kali klik.

Cara mengatasi hp Vivo lemot dengan aplikasi IMANAGER sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, kemudian klik tombol “Lanjutkan Pengoptimalan”.

Kemudian secara otomatis aplikasi IMANAGER akan mengoptimalkan performa smartphone dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan di background dan menghapus cache serta junk file.

2. Menghapus File dan Applikasi Tidak Penting

Apabila penyebab hp Vivo lemot dikarenakan kehabisan memori internal, maka jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang tidak penting.

Sisa memori internal memang berpengaruh terhadap performa smartphone. Apabila memori internal habis, maka performa menjadi menurun. Oleh karena itulah kami sarankan untuk menghapus file-file tidak penting, termasuk game dan aplikasi.

3. Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Background

Sebanyak banyak aplikasi yang diinstal, maka semakin banyak aplkasi yang berjalan di background. Hal ini akan mengakibatkan kapasitas Ram berkurang sehingga membuat hp Vivo menjadi lemot. Untuk mengatasinya kami sarankan untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.

Tak hanya Ram yang berkurang, aplikasi yang berjalan di background juga membuat baterai cepat habis. Lalu bagaimana cara menonaktifkan aplikasi tersebut? Untuk mengetahui caranya silahkan mengikuti langkah di bawah ini.
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu Pengaturan Lain
  3. Berikutnya pilh Pengelolaan Izin
  4. Selanjutnya pilih Mulai Otomatis
  5. Kemudian akan muncul daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis di background.
  6. Langkah selanjutnya tinggal menonaktifkan aplikasi.

4. Matikan Notifikasi

Meskipun sepele, namun nyatanya semakin banyak notifikasi yang masuk membuat hp terasa semakin lemot. Oleh karena itulah kami sarankan untuk nonaktifkan aplikasi tidak penting atau menggangu. Adapun caranya adalah sebagai berikut

Buka menu Pengaturan
Kemudian pilih menu Bilah Status dan Pemberitahuan
Selanjutnya pilih Kelola Notifikasi
Kemudian tinggal nonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak penting.

5. Hapus Cache

Selain menggunakan aplikasi IMANAGER, anda juga bisa menghapus cache melalui berbagai macam aplikasi yang tersedia di Play Store. Kami sendiri merekomendasikan aplikasi CCleaner. Pasalnya aplikasi tersebut memiliki fitur untuk membersihkan Hidden Cache yang terkadang tidak bisa dideteksi oleh aplikasi pembersih cache lainnya.

Bagi yang tertarik mencoba aplikasi tersebut, silahkan download di Play Store secara gratis. Kemudian buka aplikasi yang sudah didownload dan klik Quick Clean. Selain itu, tersedia pula fitur Boost yang terbukti cukup efektif untuk mengatasi hp Vivo lemot.

6. Update Software

Vivo selalu memberikan update software untuk mengatasi bug dan berbagai permasalahan lainnya yang terjadi pada smartphone Vivo. Tujuan update software tidak hanya untuk memperbaiki bugs saja, namun juga untuk peningkatan performa, penambahan fitur baru, dan peningkatan sistem keamanan.

Update software memang sangat penting. Oleh karena itulah jangan ragu apabila mendapatkan notifikasi update software. Jika tidak mendapatkan notifikasi juga bisa mengecek update software terbaru secara manual dengan cara sebagai berikut.

Buka menu pengaturan
Kemudian pilih menu Pembaharuan Sistem
Selanjutnya akan muncul informasi apakah ada update terbaru atau tidak
Jika ternyata ada update terbaru maka jangan ragu untuk mendownload dan menginstal update tersebut

7. Matikan Auto Sync

Apabila memasukan banyak akun Google pada hp Vivo maka setiap akun akan melakukan Auto-Sync atau sinkronasi otomatis. Hal ini bisa membuat hp Vivo menjadi lemot karena terlalu banyak proses yang berjalan.

Ada baiknya mematikan fitur Auto-Sync pada akun Google yang tidak digunakan. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Akun & Sinkronisasi. Selanjutnya tinggal memilih akun Google yang akan dimatikan sinkronasi-nya.

8. Factory Reset

Seperti yang kami sampaikan di atas, cara terakhir untuk mengatasi hp Vivo lemot adalah dengan factory reset. Apabila memilih cara ini maka harus terlebih dahulu membackup data-data penting. Sebab semua data yang tersimpan di smartphone akan terhapus.

Proses factory reset akan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan awal sehingga smartphone yang lemot bisa kembali cepat. Untuk mengetahui cara factory reset silahkan simak artikel sebelumnya mengenai “Cara Reset Hp Vivo“.

Demikian postingan kali ini tentang Mengatasi Hp Vivo Lemot, Lelet dan Lag Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >