XIAOMI JARINGAN 4G HILANG

JARINGAN 4G HILANG PADA XIAOMI, INILAH SOLUSINYA


Penyebab Jaringan 4g Hilang Pada Handphone XIAOMI
Sebelum kita bahas bagaimana cara memunculkan kembali jaringan 4g yang hilang pada sebagian tipe handphone xiaomi, Akan saya jelaskan terlebih dahulu sebenarnya apa penyebab jaringan 4g pada sebagian tipe handphone produk xiaomi ini bisa hilang atau tidak muncul di pengaturan handphone tersebut. Padahal handphone tersebut sudah jelas dan terbukti mendukung jaringan 4g.

Pada sebagian xiaomi tipe redmi ini, termasuk redmi yang keluaran baru ataupun lama di pengaturan jaringan masih ada pilihan ke jaringan 4g atau prioritas LTE. Namun ada sebagian tipe redmi lainnya pada pengaturan jaringan tidak ada pilihan prioritas LTE hanya ada pilihan prioritas 3g dan 2g saja. Padahal jelas-jelas handphone tipe ini sudah mendukung jaringan 4g.

Walaupun pada handphone yang di pengaturan jaringan ada pilihan prioritas LTE namun sulit sekali atau tidak bisa lock jaringan 4g. Mungkin masih banyak yang belum tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Bagi teman-teman yang belum tahu, hal ini terjadi karena adanya peraturan pemerintah Indonesia yaitu TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)

Maksud dari TKDN adalah produk handphone dari luar negeri yang sudah support jaringan 4g LTE agar bisa di pasarkan di indonesia untuk TKDN nya harus mencakup minimal 30%. Ini maksudnya kandungan atau isi di dalam handphone tersebut yaitu spare parts, software dan lain sebagainya, setidaknya 30% adalah produk dalam negeri.

Maka Handphone xiaomi belum bisa memenuhi hal ini, walaupun handphone yang sudah mendukung jaringan 4g tetap tidak bisa mengaktifkan jaringan 4g Di karenakan pengaturan jaringan 4g pada handphone tersebut di hilangkan. Dan kalau pun ada handphone 4g produk xiaomi yang masuk di pasarkan di Indonesia saat ini yang garansi distributor, bukan garansi resmi.

Pihak distributor menyiasati tentang hal peraturan TKDN dengan membuang atau menghilangkan jaringan 4g pada handphone tersebut. sehingga hanya ada jaringan 3g dan 2g saja.

Cara Mengembalikan Jaringan 4g Yang Hilang Pada Handphone XIAOMI
Cara berikut ini bisa berlaku untuk semua tipe handphone xiaomi dan mungkin ada salah satu cara yang tidak bisa berlaku di semua tipe handphone xiaomi.

Secara global hal ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara sementara dan dengan cara yang permanen.

Berikut ini adalah cara untuk mengembalikan jaringan 4g handphone xiaomi

Ubah jaringan ke 4g only
  • Hidupkan data seluler
  • Buka pengaturan, pilih pengaturan tentang ponsel (about phone) lalu tekan 5x berturut-turut pada tulisan penyimpan internal maka anda akan masuk ke pengaturan informasi telepon
  • pilih informasi telepon 1, lalu pilih jaringan LTE only

  • Sekarang coba anda lihat di status sinyal jaringan operator apakah sudah di jaringan 4g. Jika sudah stabil di jaringan 4g atau sinyal tidak hilang / kembali lagi ke jaringan 3g,berarti cara ini berhasil.
Jika masih belum stabil mari lanjut ke cara kedua

Ubah pengaturan lokasi telepon
  • Tugas anda sekarang kembali lagi ke pengaturan handphone. lalu ubah pengaturan lokasi selain Indonesia.
  • Lalu anda pergi ke pengaturan waktu, matikan atau nonaktifkan zona waktu otomatis dan zona waktu berdasarkan jaringan
  • restart handphone
  • Setelah handphone menyala ulangi cara yang pertama tadi yaitu ubah jaringan 4g only

Jika langkah kedua ini belum juga berhasil atau jaringan 4g nya tidak mau stabil di handphone xiaomi milik anda, mari kita lanjutkan ke cara ketiga

Downgrade atau upgrade versi MIUI
Ini adalah cara terakhir dan di katakan cara permanen. Dan menurut saya inilah cara yang paling tepat. Untuk downgrade MIUI xiaomi ini caranya harus melalui proses flash. Dan untuk cara flashing nya saya post di artikel yang lainya

Itulah tadi beberapa cara untuk mengembalikan yang hilang atau membuat stabil jaringan 4g pada handphone xiaomi khususnya tipe redmi. Semoga membantu.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    asa