Masalah yang Sering Terjadi di Layar hp Xiaomi

Beberapa Masalah yang Sering Terjadi Pada Layar Xiaomi

Masalah pada Layar hp Xiaomi
Layar LCD atau Liquid Crystal Display merupakan sebuah elemen yang terdiri dari lapisan kristal cair dan tidak memerlukan banyak energi untuk layar. LCD merupakan komponen yang ideal untuk digunakan pada ponsel karena mampu menampilkan gambar dengan baik meski di bawah sinar matahari langsung, sebab seluruh tampilannya diterangi oleh cahaya yang berasal dari latar belakang layar tersebut.

Sama seperti semua komponen di ponsel, layar juga bisa mengalami kerusakan dengan berbagai macam penyebab, tak terkecuali ponsel dari Xiaomi. Masalah pada layar merupakan salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan para pengguna Xiaomi. Banyak yang kurang tahu cara cek layar Xiaomi yang benar sehingga sulit menemukan masalah dan akhirnya berujung kerugian karena harus mengganti LCD.

Jika kita pengguna Hp Xiaomi, ada baiknya kita kenali dulu beberapa masalah yang sering terjadi pada layar hp tersbut dan apa penyebabnya.

  • Layar Gelap dan Tidak Responsif
Layar gelap atau shadow/burn-in merupakan masalah yang paling sering terjadi pada hampir semua hp. Ditandai dengan titik hitam atau layar yang meredup dan kemudian tidak responsif meskipun disentuh.

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab masalah ini, antara lain:
  1. Sering jatuh baik sengaja maupun tidak sengaja, yang menyebabkan benturan pada layar
  2. Mengantongi ponsel di dalam saku celana yang ketat, bisa jadi tidak sengaja memberikan tekanan lebih pada ponsel dan merusaknya
  3. Terbanting ke lantai atau dinding sehingga membuat layarnya pecah atau retak dan mempengaruhi kemampuan cahaya latar
  4. Tercebur ke dalam air, biasanya karena sering membawa ponsel ke dalam kamar mandi atau toilet, atau terkena air hujan
  5. Menggunakan HP saat diisi daya akan membuat proses pengisian baterai menjadi tidak stabil dan perlahan merusak layar
  6. Sering berganti LCD, biasanya karena penggunaan yang tidak baik yang menyebabkan kerusakan pada LCD dan berujung harus diganti
  7. Crash pada firmware Xiaomi sehingga menyebabkan kegagalan fungsi layar, membuat layar menjadi gelap dan tidak responsif.
  • Perangkat Overheat
Ponsel bisa mengalami suhu tinggi atau overheat akibat pemakaian yang tidak benar atau diforsir. Suhu panas yang dihasilkan berisiko membakar sebagian kecil konektor yang terdapat pada perangkat keras ponsel Xiaomi, salah satunya yang menghubungkan layar dengan bodi. Overheat merupakan masalah yang disebabkan murni oleh pengguna karena tidak menghiraukan kesehatan ponsel.

Contohnya tetap menggunakan ponsel saat sedang diisi daya, menggunakan aplikasi yang berat (seperti game online) dalam jangka waktu yang lama, atau menggunakan pengisi daya (charger) yang bukan asli atau original. Hal-hal seperti itu bisa menyebabkan korsleting yang kemudian bisa merusak komponen seperti layar. Kita bisa menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di sini untuk cek layar Xiaomi yang bisa diterapkan pada tipe apapun, dari yang baru atau yang sudah lama sekalipun.

  • Layar Hang dan Tidak Menampilkan Gambar
Layar yang hang atau tiba-tiba membeku kemudian tidak menampilkan gambar, bisa jadi ada crash di bagian firmware yang disebabkan oleh aplikasi yang tidak berjalan sempurna. Memori RAM yang tidak cukup serta kerusakan sistem akibat penggunaan yang tidak sehat juga bisa jadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba langkah langkah berikut ini:
  1. Tekan tombol power yang ada di bagian kiri atau kanan pada ponsel Xiaomi
  2. Tahan selama kurang lebih 1 menit
  3. Ponsel akan mengalami shutdown secara paksa dan melakukan restart secara otomatis
Kalau cara ini tidak bisa menyelesaikan masalah layar yang tiba-tiba hang dan tidak menampilkan gambar atau masalahnya sering muncul berulang kali meskipun sudah diatasi, disarankan melakukan flashing pada perangkat tersebut.

Itulah beberapa Masalah yang Sering Terjadi di Layar hp Xiaomi. Mengenali masalahnya dan cara mengatasinya sangat penting untuk menghindari kemungkinan kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti LCD.
Donasi Gratis ke-blog ini, klik disini untuk melihat caranya)
Previous Post
Next Post

0 komentar:

asa