Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Cara Cek Layar Hp Xiaomi dengan Mudah

Cek Layar Xiaomi

Touchscreen atau layar pada ponsel memiliki fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, jika layar ponsel kita mengalami masalah di bagian layar, sudah pasti kita akan kesulitan untuk menggunakannya. Masalah pada layar ini bisa terjadi pada ponsel tipe apapun, baik baru maupun lama. Sebagai persiapan kalu-kalu kita punya masalah layar di hp Xiaomi, ada baikkya kita mengetahui bagaimana cara mengecek layar Xiaomi tersebut.

Dengan keadaaan layar ponsel Xiaomi kita masih berfungsi untuk menghindarkan kita dari resiko masalah ke depannya. Kemungkinan ini sangat penting dilakukan terutama jika kita hendak membeli hp Xiaomi bekas, sehingga kita tidak akan merasa rugi karena salah membeli. Untuk menghindarkan kita dari kerugian dan masalah nantinya, berikut ini beragam cara paling efektif untuk mengecek layar hp Xiaomi tipe apapun seperti tipe redmi 5a, redmi 4, hingga redmi note ataupun yang terbaru.

Berikut ini beberapa cara yang sudah dirangkum di bawah ini.

Sejumlah ponsel Xiaomi kini juga sudah dibekali dengan jenis layar berkualitas tinggi, yang tentunya memiliki ketahanan yang tidak cepat rusak atau mengalami masalah. Tapi pasti kita tidak pernah menduga apa yang akan terjadi pada hp kita, bisa saja ada masalah di luar kemauan kita yang menyebabkan kerusakan dan masalah pada layar. Contohnya seperti terjatuh, terkena air, masalah sistem, komponen yang rusak karena usia ponsel yang sudah tua, dan lain-lain. dan kerusakan seperti ini yang sering terjadi pada hp Xiaomi second atau bekas.

Oleh sebab itu, jika kita ingin membeli hp Xiaomi yang sudah tidak dalam keadaan baru lagi, sangat disarankan untuk mengecek kondisi layarnya terlebih dahulu.

1. Cara Cek Layar Xiaomi Secara Manual

Cara pertama, kita bisa mengecek layar ponsel Xiaomi secara manual alias melihat kondisi fisiknya terlebih dahulu. Saat kita hendak membeli hp xiaomi bekas, ini adalah hal yang paling pertama kita lakukan. Sebab kerusakan fisik apapun yang terjadi di bagian layar bisa mempengaruhi fungsi dan kinerja touchscreen atau layar sentuh, dan juga berdampak pada fungsi lainnya.

Kerusakan yang tampak dari segi fisik biasanya hanya dapat diperbaiki dengan cara mengganti komponennya tersebut. Maka dari itu sebaiknya periksa dengan teliti layar ponsel Xiaomi yang ingin kita beli. Cek secara manual apakah hp tesebut ada masalah-masalah di bawah ini:

  • Masalah Layar Retak
Retak merupakan kondisi yang sering terjadi pada layar, biasanya disebabkan oleh benturan atau terjatuh. Retakan pada layar bisa jelas atau tidak terlalu jelas dilihat. Kita bisa mengeceknya menggunakan senter untuk melihat apakah ada retakan tersembunyi. Layar ponsel yang retak sebenarnya masih bisa digunakan, tapi tentu saja akan mengganggu pandangan dan juga kenyamanan pemakai. Terlebih lagi, layar yang mengalami keretakan hanya bisa diperbaiki dengan cara menggantinya dengan layar yang baru.

  • Layar Xiaomi Berubah Warna
Masalah warna juga bisa dialami oleh layar hp Xiaomi. Cek apakah layar pada hp tersebut memiliki masalah pada warna, mungkin saja layarnya cenderung berwarna kuning atau menguning, atau bahkan berwarna cokelat. Masalah warna ini bisa disebabkan oleh kerusakan baik pada perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Adanya masalah warna pada layar tentu akan mengganggu kenyamanan dalam menggunakan ponsel.

  • Layar HP Xiaomi Pecah
Tak hanya retak, layar ponsel Xiaomi pun bisa pecah karena benturan keras saat terjatuh, terbanting, dan lain-lain. Layar Xiaomi yang pecah tentunya akan terlihat jelas dan sudah pasti tidak akan bisa kecuali dengan melakukan penggantian.

  • Layar Terasa Longgar
Saat membeli ponsel Xiaomi, coba tekan-tekan layarnya. Jika stabil dan terasa menempel, biasanya tidak ada masalah pada layar. Namun jika layar berasa sedikit goyang dan tidak permanen menempel pada bodi ponsel, berarti layar ini bermasalah karena sudah hampir lepas dari bodi.

2. Cara Cek Layar Xiaomi Menggunakan Kode Dial
Selain pengecekan secara manual, cara cek layar pada hp xiaomi asli atau tidak bisa kita lakukan dengan mengecek layar pada ponsel Xiaomi dengan menggunakan kode rahasia. Hampir semua ponsel Android, termasuk Xiaomi, punya kode rahasia yang memungkinkan kita mengakses fitur-fitur tertentu dalam ponsel, seperti misalnya mengetes kartu SIM, speaker, mikrofon, bluetooth, layar dan lain-lain. Untuk pengecekan layar, terdiri dari dua menu yakni Color untuk mengecek warna dan Touchscreen Edge untuk mengetes respons layar sentuh.

Berikut langkah untuk cara cek layar xiaomi dengan kode rahasia:

  1. Ketik kode rahasia Xiaomi yakni *#*#64663#*#* di bagian Dial Pad atau Phone lalu klik Call atau secara langsung setelah mengetik ponsel langsung masuk ke tampilan menu
  2. Pilih Color dan ikuti panduannya
  3. Secara umum, pengetesan warna menggunakan tiga warna yakni Red, Green, Blue. Jika warna yang ditampilkan sesuai dengan warna yang dipilih, maka tidak ada masalah warna pada layar ponsel Xiaomi kamu
  4. Selesai pengetesan warna, kembali ke tampilan menu
  5. Pilih menu Touchscreen Edge/Touch Sensor
  6. Akan muncul kotak-kotak dengan garis tertentu, sentuh atau geser mengikuti garis kotak yang tertera tersebut.
Jika semua kotak yang disentuh berubah menjadi warna biru atau hijau, berarti kondisi layar hp baik-baik saja. Tetapi jika tidak terjadi perubahan warna, bisa dipastikan layar sentuh tersebut rusak.

3. Cara Cek Layar Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Cara yang ketiga adalah menggunakan aplikasi khusus pengecekan layar. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan, terutama jika bingung melakukan cara manual atau menggunakan kode. Terdapat empat aplikasi tambahan yang terbukti berhasil dalam mendeteksi masalah yang ada pada layar, yaitu:
  1. Aplikasi Touchscreen Test
  2. Aplikasi Display Tester
  3. Aplikasi Multi Touch Test
  4. Aplikasi Dead Pixels Test and Fix

Itulah beberapa cara cek layar Xiaomi untuk melihat kondisinya masih normal atau tidak, Mengenali masalahnya dan cara mengatasinya sangat penting untuk menghindari kemungkinan kita harus mengalami masalah yang lebih parah.

Sekian postingan kali ini, Terimakasih.
Donasi Gratis ke-blog ini, klik disini untuk melihat caranya)
Previous Post
Next Post

0 komentar:

asa