Mematikan Bluetooth yang aktif Sendiri di HP Vivo

Cara Mematikan Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP Vivo

Menonaktifkan Bluetooth yang aktif Sendiri

Cara Mematikan Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP Vivo baik untuk Vivo Y12, Y20, Y12i, Y15, Y17, Y30, hingga Vivo Y50 dan seri lainnya. cara mematikan Bluetooth di HP Vivo yang akan kita bahas kali ini cukup dengan lewat HP saja.

Meski HP Smartphone sekarang ini sudah canggih, tapi tidak menutup kemungkinan untuk bermasalah dalam penggunaannya seperti misalnya masalah pada Bluetooth-nya. Bluetooth yang bermasalah pastinya pernah dirasakan oleh beberapa pengguna HP Smartphone.

Misalnya untuk kita pengguna HP Vivo, pasti ada yang mengalami Bluetooth tiba-tiba nyala sendiri. Meski sudah dimatikan Bluetoothnya, ternyata tetap saja nyala lagi dengan sendirinya.

Cara Mematikan Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP Vivo
Ada beragam cara untuk mematikan Bluetooth Vivo hidup sendiri atau nyala terus dan tidak bisa dimatikan. kita akan coba beberapa cara di bawah ini, semoga ada yang berhasil mengatasi masalah Bluetooth di hp Vivo kita.

Langkah-Langkah Cara Mematikan Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP Vivo:

1. Matikan HP Vivo

Cara yang pertama adalah dengan mematikan HP Vivo kita (matikan daya) atau melakukan Shut down HP. Setelah dimatikan, tunggu sebentar, baru nyalakan kembali. Hal ini dilakukan system agar HP segar kembali, karna biasanya yang membuat Bluetooth nyala sendiri adalah aplikasi Berbagi Langsung dari bawaan HP Vivo ataupun aplikasi yang terinstal di HP seperti SHAREIt, ShareMe, Link Sharing, EasyShare dll. Jadi lebih baik kita coba untuk matikan dulu HP-nya kemudian nyalakan kembali.

2. Nonaktifkan Fitur GPS

Cara kedua, kita bisa coba matikan fitur GPS atau pemindai lokasi di HP Vivo kita kemudian lanjut matikan juga Bluetoothnya. Biasanya fitur GPS mengaktifkan sendiri Bluetooth yang ada di HP, jadi dengan menonaktifkan fitur GPS, kemungkinan akan membuat Bluetooth tidak nyala sendiri lagi.

Bisa juga untuk beberapa HP Vivo yang Bluetooth tiba-tiba aktif sendiri, kita coba matikan pemindai Bluetooth yang ada di pengaturan GPS-nya. Biasanya dengan mematikan fitur GPS bersama dengan mematikan Bluetoothnya, lalu dibiarkan sebentar, Bluetooth sudah tidak aktif sendiri lagi.

3. Matikan Aplikasi Berbagi

Cara selanjutnya, seperti yang dijelaskan di cara pertama bahwa aplikasi berbagi seperti ShareIt, Link Sharing, ShareMe dan lainnya kadang membuat fitur Bluetooth jadi aktif sendiri. Maka sebaiknya coba kita Force Stop (Paksa Berhenti) aplikasi tersebut lewat menu Aplikasi di menu Pengaturan (Settings) pada HP Vivo.

Setelah diberhentikan secara paksa, restart HP Vivo tersebut dan lihat apakah Bluetooth masih aktif sendiri lagi atau tidak. Jika masih nyala sendiri lagi, coba uninstall atau hapus saja aplikasi berbagi langsung yang tadi dimatikan paksa dari HP kita. Setelah di uninstall, coba matikan HP Vivo kita lalu nyalakan kembali dan cek apakah Bluetooth masih nyala sendiri atau tidak. Jika masih nyala sendiri terus, lakukan cara selanjutnya.

4. Reset Jaringan

Jika HP Vivo Bluetoothnya masih saja tiba-tiba aktif sendiri meski sudah dilakukan tiga cara di atas, bisa kita lakukan Reset Jaringan atau Mereset Setelan Jaringan pada HP kita. Dengan melakukan Reset Jaringan maka pengaturan jaringan pada HP Vivo kita akan kembali seperti saat HP baru pertama kali kita beli baru dulu dan tidak terkoneksi dengan apapun juga tidak mengaktifkan fitur jaringan apapun seperti Bluetooth ataupun mobile data.

Berikut cara Reset Jaringan untuk mematikan Bluetooth yang aktif Sendiri di HP Vivo:
  1. Buka menu Pengaturan di HP Vivo
  2. Pilih menu Pengaturan sistem
  3. Scroll geser ke bawah dan pilih Buat cadangan & Atur ulang
  4. Kemudian pilih Atur ulang pengaturan jaringan
  5. Selanjutnya pilih Setel ulang setelan atau Reset Setelan di bagian bawah.
  6. Jika muncul dimintai kunci PIN atau Pola, tinggal masukkan aja.
  7. Selanjutnya nanti pengaturan jaringan akan otomatis tereset ulang.
  8. Jika sudah, cek ulang apakah Bluetooth masih nyala sendiri atau tidak.
  9. Jika tidak, maka berhasil mengatasi masalah tersebut.
  10. Selesai.

5. Matikan Aplikasi Pemicu

Sebelum Bluetooth tiba-tiba nyala sendiri di HP, coba kita ingat-ingat kembali sebelumnya kita telah menginstall aplikasi apa, Karena bisa saja bluetooth nyala sendiri dan tidak mau dimatikan adalah karena dipicu atau diaktifkan oleh aplikasi yang baru saja kita install. Jadi ingat aplikasi ataupun file apa yang baru saja kita download atau install sebelum terjadinya masalah Bluetooth tiba-tiba aktif sendiri tersebut.

Jika sudah ingat aplikasi apa yang kita download atau install, tinggal uninstall atau hapus aplikasi / file tersebut. Kemudian matikan fitur Bluetooth di HP Vivo dan lalukan restart HP kita lalu lihat apakah Bluetooth nyala sendiri lagi atau tidak. Jika tidak nyala sendiri, maka berarti berhasil dan berarti memang aplikasi atau file tersebut yang menyebabkan Bluetooth tidak bisa dimatikan.

6. Lakukan Reset HP

Jika semua 5 cara di atas tidak ada yang bisa mengatasi Bluetooth tiba-tiba nyala sendiri, bisa kita coba untuk melakukan Reset Pabrik HP Vivo alias Factory Reset untuk mengembalikan HP ke kondisi semula seperti baru keluar dari Pabrik.

Caranya mudah, tinggal masuk ke menu Buat cadangan & Atur ulang lalu pilih Reset Pabrik dan tinggal lakukan Reset HP pada menu pengaturan reset tersebut.

Dengan melakukan Factory Reset atau Reset Pabrik, otomatis HP kembali ke kondisi normal seperti baru keluar dari pabrik dan fitur Bluetooth normal kembali tidak tiba-tiba nyala sendiri ataupun tidak bisa dimatikan.

Penyebab Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri di HP Vivo

Ada beberapa penyebab kenapa Bluetooth aktif sendiri atau hidup sendiri dan tidak bisa dimatikan. Buat kita yang penasaran penyebabnya, berikut adalah hal-hal yang menyebabkan Bluetooth nyala terus dan tidak bisa mati.

Penyebabnya adalah:
  • Sistem android di HP Vivo mengalami malfungsi atau bermasalah
  • Pengaturan pada GPS yang membuat Bluetooth harus selalu aktif
  • Terdapat aplikasi yang membuat Bluetooth harus selalu aktif
  • Sistem Android, termasuk di dalamnya aplikasi dan fitur Bluetooth belum mengalami atau mendapat pembaharuan (update) terbaru
  • Terdapat ‘bug’ yang muncul setelah dari dilakukannya pembaharuan atau update sistem operasi Android di HP.
  • Jumlah data yang disimpan oleh aplikasi Bluetooth di HP terlalu banyak sehingga terlalu banyak data yang harus diproses membuatnya aktif terus.

Sebenarnya setelah kita tahu beberapa penyebab kenapa bluetooth nyala sendiri di HP Vivo, otomatis pasti kita punya gambaran bagaimana cara mematikan Bluetooth yang nyala sendiri di HP Vivo, karena paham letak permasalahannya ada di mana.

Nah, itulah beberapa cara mematikan Bluetooth yang hidup Sendiri di HP Vivo tanpa PC alias tidak dengan PC yang bisa kita coba untuk mengatasi Bluetooth nyala terus dan tidak bisa dimatikan. Semoga ini bisa bermanfaat buat kita yang membutuhkannya.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >