11 Cara Mengatasi HP Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot yang Praktis!

https://goo.gl/q4GzhP
Cara Mengatasi HP Lemot
Apakah teman-teman blog servishp.my.id sering bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi HP lemot? HP yang lemot memang termasuk permasalahan yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Sebab, kondisi ini akan mengganggu mobilitas saat harus menggunakan HP. Oleh karenanya, cara mengatasi HP lemot harus dilakukan dengan benar.

Tak hanya HP yang spesifikasi kecil, permasalahan ini juga sering kali terjadi pada HP dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk itu, sebelum kita mulai cara mengatasi HP lemot, sebaiknya teman-teman memahami terlebih dahulu penyebab HP lemot agar bisa diatasi dengan tepat.

PENYEBAB HP LEMOT
Permasalahan HP yang lemot terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor mengapa sistem HP yang semakin digunakan justru semakin lemot, bahkan sampai tidak berfungsi dengan optimal. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu teman-teman ketahui:
  • Memori internal penuh
  • Aplikasi yang terpasang tak sesuai kapasitas penyimpanan HP
  • Performa baterai menurun
  • Penurunan fungsi RAM
  • Sistem operasi yang terpasang tidak sesuai
  • Terlalu banyak aplikasi yang aktif

CARA MENGATASI HP LEMOT
Berikut ini beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa teman-teman lakukan dengan mudah:

Install aplikasi antivirus
Cara mengatasi HP lemot yang perlu teman-teman lakukan yaitu install aplikasi antivirus. Cara ini penting untuk mencegah virus-virus untuk merusak sistem HP. Sebaiknya hindari meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di HP. Sebab, aplikasi antivirus akan terus berjalan, sehingga bisa menyebabkan RAM semakin boros dan performa HP jadi lemot.

Segera bersihkan junk dan cache
Cara mengatasi HP lemot selanjutnya yaitu dengan membersihkan junk, cache, dan file yang tak terpakai di HP. Sebab file-file tersebut akan dianggap sebagai sampah oleh sistem HP, sehingga jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan HP jadi lemot.

Perbarui sistem dan perangkat lunak
Memperbarui sistem dan perangkat lunak bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot. Oleh karena itu, segera lakukan update jika ada pemberitahuan untuk perbarui sistem dan perangkat lunak (update software). Langkah ini penting demi memperbaiki masalah yang mungkin saja dibawa oleh sistem sebelumnya.

Hapus aplikasi yang tak terpakai
Salah satu penyebab HP lemot berikutnya adalah banyaknya aplikasi yang membuat sistem HP semakin berat untuk beroperasi. Selain itu, ruang penyimpanan HP pun akan semakin penuh oleh aplikasi tersebut. Oleh karenanya, cara mengatasi HP lemot selanjutnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai.

Kurangi penggunaan widget
Fitur widget memang akan membuat tampilan layar HP lebih menarik. Akan tetapi, fitur widget memerlukan banyak ruang dan kapasitas pada sistem HP. Salah satu cara mengatasi HP lemot dan panas yaitu dengan mengurangi penggunaan fitur ini.

Kurangi atau matikan animasi HP
Selain penggunaan widget, animasi yang bergerak juga dapat membuat HP lemot, memakan memori yang cukup besar, menyebabkan baterai HP lebih cepat habis, dan memengaruhi sistem pengoperasian HP. Untuk itu, kurangi atau matikan sistem animasi sebagai cara mengatasi HP lemot.

Matikan fitur auto-sync
Mematikan fitur auto-sync juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot. Fitur auto-sync sebenarnya berfungsi sebagai penghubung antara semua akun yang terpasang di HP. Akan tetapi, fitur ini bisa membuat HP teman-teman jadi lebih lemot, apalagi jika sistem HP sudah semakin berat dan memori penuh. Oleh karena itu, Sahabat perlu mematikan fitur ini sebagai cara mengatasi HP lemot, sehingga sistemnya dapat stabil kembali.

Rajin gunakan fitur auto kill
Fitur auto kill juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot yang bisa teman-teman coba. Bagi teman-teman yang sering melakukan multitasking di HP, pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang sedang aktif di recent apps. Jika aplikasi yang aktif semakin banyak, maka RAM akan semakin berat, sehingga HP lebih lemot. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah Sahabat gunakan fitur auto kill yang akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background sistem, sehingga HP Sahabat tidak akan lemot lagi.

Gunakan memori eksternal
Penggunaan memori eksternal bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot. Ini karena salah satu penyebab HP lemot yaitu karena kapasitas memori yang sudah penuh, sehingga sistemnya semakin sulit untuk berfungsi. Sebagai solusi, teman-teman bisa menggunakan memori eksternal jika HP sudah mulai lemot.

Gunakan aplikasi serbaguna
Cara mengatasi HP lemot selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi serbaguna. Dibandingkan meng-install banyak aplikasi yang justru membuat HP lemot, sebaiknya teman-teman cukup install satu aplikasi yang memiliki banyak fungsi. Aplikasi serbaguna seperti Apps2SD dan Clean Master dapat mengatasi lambatnya penggunaan HP ketika belum di-root. Aplikasi serbaguna ini akan membantu membersihkan ‘sampah’ pada HP dengan lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk mendeteksi dan meredakan suhu panas pada HP, sehingga sangat cocok digunakan sebagai cara mengatasi HP lemot.

Lakukan factory reset
Factory reset menjadi jalan akhir sebagai untuk mengatasi HP lemot. Cara ini dapat mengembalikan kecepatan performa HP. Sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data penting telah dipindahkan ke memori lain agar tidak ikut terhapus. Dengan cara mengatasi HP lemot ini, dipastikan HP teman-teman akan lebih ringan karena sudah dikembalikan pada setelan pabrik.

Itulah beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa teman-teman coba. Namun, jika teman-teman sudah melakukan cara-cara tersebut, tetapi HP tetap lemot dan tidak berfungsi dengan baik, mungkin sudah saatnya teman-teman mengganti dengan HP baru.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Mengatasi Hp Lemot Semoga postingan ini dapat bermanfaat.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar: