Cara Mengatasi Layar Kuning di Android

Cara Mengatasi Layar Kuning (Yellow Tint) di HP Android

Cara Mengatasi Layar Kuning di HP Android

Layar pada suatu smartphone android memiliki tipe yang berbeda-beda, jadi tak heran jika anda melihat hp dengan harga yang cukup mahal memiliki layar yang lebih jernih dan bagus. Namun perlu kita ketahui juga bahwa smartphone jaman sekarang sudah punya standard layar masing-masing dan dinilai lebih bagus dari smartphone yang tempoe dulue.

Biasanya smartphone sekarang sudah menggunakan Layar IPS, layar ini bisa dibilang cukup jernih dan enak dilihat oleh mata. Layar pada smartphone sering sekali mengalami beberapa masalah yang menyebabkan kita kesulitan untuk membaca atau melihat apa yang ada di layar tersebut.

Beberapa masalah yang sering muncul salah satunya yaitu masalah layar berwarna kekuningan, warna yang tidak kontras dan lain-lain, yang jelas hal tersebut mengganggu kita saat menggunakan smartphone tersebut, lalu bagaiamana cara mengatasi hal tersebut?

Penyebab Layar Kuning (Yellow Tint) di HP Android

Sebelum masuk ke solusi dari permasalahan layar ini, kita harus tau apa yang menyebabkan layar smarthpone yang kita gunakan menjadi berbawarna kekuningan atau kurang terang.

Biasanya masalah ini berasal dari error yang terjadi dalam sistem. Hal tersebut terjadi karena layar atau cahaya pada layar kekurang intensitas cahaya biru sehingga warna yang dominan muncul yaitu warna kekuningan. dan yang menyebabkan hal ini terjadi karena memang dari cara kerja sistem smartphone tersebut.

Sistem mengusahakan supaya pengguna mendapatkan pengalaman menggunakan hp lebih baik dan memberi kenyamanan saat digunakan termasuk warna layar. Sistem akan menyesuaikan cahaya layar yang dikeluarkan pada siang atau malam hari.

Cara Mengatasi Layar Kuning (Yellow Tint) di HP Android

  • 1. Atur Setelan Live Display Android
  • Cara yang pertama bisa kita lakukan adalah pada menu pengaturan yaitu mengganti atau melakukan pengaturan terhadap temperatur warna hp. Kita bisa mengatur nilai color temperature sesuai yang kita inginkan.

    Berikut caranya:
    1. Buka menu pengaturan atau setelan
    2. Selanjutnya pilih menu Tampilan
    3. Pilih pada menu LiveDisplay
    4. Untuk mengatur nilai temperatur pilih Suhu pada warna
    5. Selanjutnya anda bisa mengubah nilainya sesuai yang anda inginkan, saya menyarankan untuk mengubah diatas 6000K.
    Dengan melakukan hal di atas kita bisa mengubah warna layar yang kekuningan tersebut. Silahkan lakukan pengaturan nilai sesuai yang kita inginkan, perhatikan juga untuk kenyamanan mata.

    Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi nilai dari temperatur tersebut maka warna biru yang dihasilkan semakin terlihat jelas.

  • 2. Pakai Aplikasi BlueLight Filter
  • Jika settingan yang pertama diatas tidak terdapat pada smartphone kita, bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, aplikasi ini bisa didownload langsung di play store. Fungsi dari aplikasi ini tentunya untuk mengatur nilai warna atau cahaya pada layar hp hampir sama dengan fitur yang ada pada cara pertama.
    1. Pertama install aplikasi BlueLight Filter di Playstore.
    2. Jika sudah terinstall buka aplikasi tersebut
    3. Selanjutnya kita bisa mengatur nilai temperatur sesuai yang anda inginkan. Jangan terlalu terang untuk menjaga kenyamanan pada mata.

  • 3. Pengaturan Ulang Kalibrasi Warna
  • Bisa saja layar yang kekuningan tersebut bukan disebabkan oleh nilai temperatur yang salah, namun karena kalibrasi warna yang tidak sesuai. Nilai yang berbeda dari setiap kalibrasi warna akan menyebabkan warna layar menjadi berbeda termasuk kekuningan. Jadi kita harus melakukan pengaturan ulang pada kalibarasi warna tersebut.
    1. Buka pengaturan atau setelan pada smartphone
    2. Selanjutnya silahkan pilih menu Tampilan
    3. Pilih pada menu LiveDisplay
    4. Pada bagian kolom lanjutan silahkan pilih Kalibrasi Warna
    5. Disini kita bisa mengatur dan menyesuaikan nilai dari setiap warna tersebut. Namun untuk hasil yang lebih bagus buat semua nilai menjadi sama yaitu (100, 100, 100)
    6. Jika dirasa sudah sesuai silahkan tekan OKE.
    Dalam mengatur warna atau nilai pada warna layar pastikan lakukan dengan benar dan sesuaikan dengan kenyamanan mata kita.

    Jika cara diatas kurang ampuh biasanya masalah tersebut terdapat pada layar yang kita gunakan dan sebaikannya kita mempertimbangkan untuk menganti ke LCD yang baru.

    Untuk melakukan pengganti lcd bisa kita lihat beberapa cara penggantian lcd yang ada di channel yutub Noer Servis hp yang kemungkinan bisa kita jadikan referensi

    Demikian postingan kali ini semoga dengan adanya postingan ini bisa bermanfaat bagi kita yang membutuhkan.
    Postingan terbaru
      Previous Post
      Next Post

      0 komentar:

      >