Gagal Mengirim Pesan WhatsApp

8 Cara Mengatasi WhatsApp Gagal Mengirim Pesan

WhatsApp Gagal Mengirim Pesan
Jika teman-teman mengalami masalah saat mengirim pesan sehingga pesan tidak terkirim, Ada beberapa tipsnya supaya pesan kita terkirim sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran terhadap lawan bicara kita. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

1 Periksa Jaringan Internet

Kadang masalah ini sering terjadi dan kita tidak menyadarinya, setiap daerah mempunyai kekuatan sinyal berbeda-beda, kadang tak semua provider mendukung sinyal di tempat tersebut dan mendukung untuk digunakan mengakses internet.

Berikut cara memeriksa jaringan internet,
  1. pertama masuk ke Setting
  2. kemudian masuk ke kartu SIM dan jaringan
  3. pastikan data selular kita dalam keadaan menyala.

2 Kunci Jaringan 4G atau Lte Only

Jika merasa jaringan kita sudah oke namun tetap masih gagal atau pending dalam mengirim pesan, mungkin jaringannya yang lemah sehingga menyebabkan seringnya berubah-ubah dalam mengunci sinyal, maka kita perlu menguncinya.

Berikut cara mengunci jaringan ponsel, pertama masuk ke Setting > SIM dan Jaringan > pilih kartu yang kita gunakan untuk mengakses data internet > tipe jaringan yang dipilih > LTE/ 4G only.

Atau kita bisa gunakan cara berikut
  1. masuk ke papan dial kemudian, ketik *#*#4636#*#* (tanpa perlu menekan tombol call)
  2. Setelah itu akan muncul beberapa daftar menu
  3. ‘Phone Information
  4. Jenis Jaringan
  5. LTE only
  6. Tekan tombol ‘back’ untuk mengunci jaringan 4G LTE.

3 Hidup Dan Matikan Mode Pesawat

Jika mengalami masalah ini, kita bisa mencobanya, karena kadang disuatu wilayah jaringan itu akan terlihat full bar, namun ternyata hal itu bukan informasi sebenarnya.

Untuk mematikan dan menyalakan mode pesawat, kita tinggal
masuk ke > pengaturan > mode pesawat > hidupkan
setelah itu kita hanya perlu mematikanya, hal ini istilahnya adalah merestart jaringan agar ponsel kita bisa beradaptasi dengan jaringan didaerah sekitar.

4 Matikan Mode Hemat Daya

Selain sinyal, biasanya masalah WhatsApp pending ialah mode penghemat daya yang aktif. Jadi pertama kita harus pastikan mode Hemat Baterai / Battery Saver apakah hidup atau mati . Jika hidup, kita tinggal matikan saja fitur Battery Saver ini.

Alasan mengapa fitur ini harus mati, karena jika fitur Hemat daya hidup maka ketika layar ponsel kamu sedang mati maka secara otomatis mobile data akan ikut off. Menjadikan jika ada pesan whatsapp yang masuk akan jadi pending, sampai kamu menghidupkan layar ponsel kembali.

Untuk menonaktifkanfitur ini sangat mudah,
  1. masuk ke Setting
  2. Battery / Power Management
  3. nonaktifkan tanda Battery Saver / Stamina Mode / Hemat Baterai.

5 Bersihkan Cache
Masalah saat WhatsApp kamu eror atau pending bisa saja karena maslah cache aplikasimu yang sudah penuh, sehingga kamu perlu membersihkan cache aplikasi tersebut agar WhatsApp kamu kembali normal, Untuk mengecheknya dan membersihkanya juga cukup mudah.

Untuk membersihkanya kamu hanya perlu masuk ke pengaturan/Setting -> Manajer Aplikasi /Apps -> lalu cari aplikasi WhatsApp, tab (buka) dan tekan tombol Clear Cache ( hapus cache),

setelah itu restart Hp-nya.


6 Gunakan VPN Atau Sejenisnya

Masalah WhatsApp eror bisa jadi penyebabnya karena terjadinya suatu pembatasan akses kepada WhatsApp itu sendiri oleh provider atau pemerintah(mengingat kejadian yang terjadi di Indonesia pada beberapa waktu lalu) sehingga membuat akses kita ke aplikasi ini menjadi terbatas dan berat.

Untuk itu kamu bisa coba untuk menggunakan VPN, caranya tinggal unduh aplikasi tersebut melalui toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apps Store jika menggunakan iPhone, pastikan kita mengunduh aplikasi yang sudah memiliki reputasi baik. Di sarankan untuk menggunakan VPN yang berbayar.

7 Pastikan Software Selalu Pada versi teranyar

Bisa saja masalah WhatsApp kita menjadi pending dikarenakan aplikasi yang kita gunakan sudah kadaluarsa, sehingga membuatnya menjadi pending, untuk mengatasinya kita hanya perlu memeriksanya dan apabila kita masih menggunakan versi lawas, kita bisa mengupdatenya melalui toko aplikasi playstore.

8 Uninstall dan Install Ulang WhatsApp

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan tidak ada efek sama sekali.

Untuk melalukanya tentu saja mudah saja, kita hanya perlu :
  1. masuk ke pengaturan
  2. pengaturan aplikasi
  3. pilih WhatsApp
  4. kemudian pilih uninstall WhatsApp.
Jika sudah ter uninstall kita bisa menginstallnya lagi melalui toko aplikasi seperti Google Play Store. Ingat, sebelum menguninstallnya, kita wajib menmback up dulu pesan yang ada di WhastApp.

Jadi itulah beberapa tips dan trik mengatasi masalah pada WhatsApp kita jika mengalami masalah dan trouble yang membuat kita tidak bisa mengirim pesan.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    >